• Assalamualaikum dok,

    Dok, dada saya sering merasakan sakit. Bahkan sampai sulit nafas. Apalagi saat capek, banyak pikiran sakit banget. Saya pernah periksa dan diagnosa bronkitis. Alhamdulillah udah sembuh dan lama tidak pernah sakit lagi. Apa itu bisa disebut dengan bronkitis saya kambuh dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri dada yang terasa sakit bahkan sampai mengalami kesulitan bernapas bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk salah satunya oleh karena bronkhitis. Namun memang harus dipastikan kembali penyebabnya baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Rasa nyeri pada bagian dada memiliki karakteristik masing – masing yang dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebabnya. Berikut adalah penyebab lainnya dari keluhan nyeri dada disertai sesak napas yaitu:

    1.       Faktor psikosomatis bisa menjadi salah satu penyebab keluhan ini. Tidak ditemukannya gangguan fisik yang menyebabkan keluhan nyeri dan sesak napas namun pasien mengakur merasakannya. Jika terjadi hal seperti ini biasanya disebabkan karena faktor psikis yang dialami oleh pasien misal karena stress berlebihan, rasa cemas dan takut berlebihan.

    2.       Penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan keluhan nyeri dada disertai sesak napas. Nyeri biasanya terjadi pada bagian kiri dada yang dapat menjalar ke bagian lengan kiri, punggung, leher, rahang dan sebagainya.

    3.       Pleuritis atau radang pada selaput pleura juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada bagian dada dan juga keluhan sesak napas

    4.       Penyebab lainnya

    Silakan anda kunjungi dokter di kota anda agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung guna menegakkan diagnosis dari keluhan yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Dada Karena Bronkitis

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.