• Selamat Pagi Dok.

    Saya mau tanya,Saya dadanya sering sakit kadang di kiri kadang di kanan.dan saya sudah cek paru2 dan jantung alhamdulilahnya Normal semua.tapi kondisinya masih sakit juga.kadang terasa panas di tengah.sebenarnya apa yang terjadi ya dok?

    Terimakasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri dada seringkali dialami oleh beberapa individu, baik usia muda maupun usia tua. Ada beberapa karakteristik nyeri dada mulai dari rasa panas, terasa terhimpit atau tertekan. Nyeri berdenyut dan lain sebagainya. Lokasi rasa nyeri di bagian dada juga mempengaruhi kemungkinan penyebab selain itu lama nya keluhan terjadi, fakor resiko tertentu yang mencetuskan serangan hingga gejala penyerta yang mengikutinya juga turut membantu penegakkan diagnosis.

    Ada beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada yaitu antara lain:

    1. Gangguan pada otot dada, misal kram otot dan lain sebagainya. Biasanya nyeri sering dicetuskan akibat aktivitas fisik tertentu yang dilakukan oleh pasien yang menggunakan otot dada sebagai pusat tumpuan, misal akibat olahraga berlebihan dan lain sebagainya.
    2. Gangguan di lambung. Penyakit pada lambung misal dispepsia hingga gastroesofageal reflux disease (GERD) seringkali menimbulkan keluhan nyeri yang menyerupai gejala nyeri dada. Apalagi untuk kasus GERD dimana asam lambung bisa naik ke arah kerongkongan maka kadang rasa nyeri dirasakan menjalar hingga ke dada.
    3. Gangguan pada jantung dan paru. Namun hal ini sudah dipastikan bukan dari pemeriksaan yang saudara lakukan.
    4. Faktor psikosomatis. Faktor psikis misal stress berlebih seringkali menimbulkan keluhan nyeri dada yang sering muncul dan dialami oleh pasien.
    5. Penyebab lainnya

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan ulang oleh dokter untuk memastikan keluhan anda. Namun ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda, usahakan makan dalam porsi kecil namun sering, istirahlah yang cukup, rilekskan pikiran serta terapkanlah pola hidup sehat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Dada Terasa Panas di Tengah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.