• Dokter kenapa ya telinga saya sakit dan nyeri banget.Ini juga pernah terjadi 1 Bulan yang lalu dan sudah ke puskesmas,saya diberi obat tetes telinga.setelah seminggu saya rutin memakai obat tetes,ke esokan harinya agak meredah.Dan lusanya sakit lagi,jadi saya tetes kan lagi obat tetes itu ke telinga saya,tp jadinya telinga saya malah tambah sakit dan nyeri.Kepala saya juga jd pusing. Saya harus lakukan apa dokter? Umur saya 13 tahun.Terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama sebelum menentukan pengobatan yang paling tepat untuk mengatasi keluhan anda, langkah yang paling tepat adalah dengan menentukan diagnosis penyebab keluhan anda. Sebagai informasi untuk anda, infeksi di telinga bisa terjadi pada telinga luar, tengah maupun dalam. Penyebab infeksi juga bisa karena bakteri, virus, jamur, atau mikroorganisme lainnya. Penyebab tersering nyeri telinga adalah karena infeksi di telinga luar (otitis eksterna) atau di telinga tengah (otitis media). Namun harus dipastikan keadaan di telinga anda terlebh dahulu dengan pemeriksaan otoskop untuk melihat letak bagian telinga yang bermasalah.

     

    Setelah berhasil dipastikan letak masalahnya, baru bisa ditentukan pengobatan yang paling tepat. Jika memang karena infeksi bakteri maka perlu diberikan antibiotik baik oral (minum) ataupun berupa obat tetes (topikal). Namun beberapa bakteri yang menginfeksi seringkali memiliki daya infeksi yang sangat tingggi sehingga tidak mati dengan antibiotik jenis tertentu. Butuh diberikan antibiotik jenis lainnya atau ditingkatkan dosis dari obat yang lama dan diperpanjang waktu pemberian terapinya.

     

    Sebaiknya  untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang paling sesuai dengan keadaan anda saat ini.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit dan Nyeri pada Telinga, Harus Bagaimana?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.