• Dok, usia saya 23 tahun, sering mengalami sakit di bagian atas kepala, sudah di CT Scan dan cek lainnya hasilnya normal, tapi sering terasa sakit. Kira2 apa penyebabnya dan bagaimana cara penanganannya?

    Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit kepala bisa menjadi masalah yang serius atau bahkan sebenarnya merupakan hal yang biasa. Sakit kepala memiliki beberapa tipe nyeri, ada yang terasa sakit kepa berputar (vertigo), sakit kepala sebelah (migrain), sakit kepala yang terasa seperti tertekan (tension headache), dan lain sebagainya. Masing – masingnya sebenarnya memiliki kemungkinan penyebab tersendiri. Namun secara umum ada beberapa penyebab keluhan sakit kepala antara lain:

    1. Tekanan darah yang tidak normal, baik terlalu tinggi (hipertensi) ataupun terlalu rendah (hipotensi).
    2. Akibat meningkatnya tekanan intra kranial, bisa karena tumor pada kepala, trauma/ cidera kepala dan lain sebagainya.
    3. Akibat infeksi saluran pernapasan misalnya rintisis, sinusitis dan lain sebagainya
    4. Akibat konsumsi makanan tinggi kolesterol, misal santan, jeroan, daging kambing dan lain sebagainya. Makanan – makanan ini umumnya merangsang peningkatan tekanan darah yang bermanifestasi dengan munculnya keluhan sakit kepala.
    5. Konsumsi garam ataupun monosodium glutamat (MSG) dalam jumlah yang cukup banyak. Zat ini juga meningkatkan resiko hipertensi yang membuat keluhan sakit kepala
    6. Aktivitas yang terlalu berlebihan dan kelelahan fisik
    7. Asupan nutrisi yang kurang
    8. Faktor psikosomatis
    9. Dan lain sebagainya

    Jika memang keluhan sering berulang ada baiknya diperiksakan ulang. Namun sebelum diperiksakan kembali ke dokter, tak ada salahnya anda menjaga asupan makanan anda, istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta tenangkan pikiran dengan selalu berpikir positif. Untuk menghilangkan nyeri sementara bisa dengan mengkonsumsi obat analgetik seperti paracetamol, asam mefenamat dan lain sebaginya. Namun sebaiknya obat ini tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit di Bagian Atas Kepala, CT Scan Normal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.