• selamat pagi dok…sebelumnya terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca konsultasi saya.. perkenalkan nama saya Isna, dari Kudus.

    begini dok,,,ibu saya berumur sekitar 55 tahun…akhir-akhir ini mengalami sakit yg sangat di bagian pinggul dan menjalar ke bawah kaki bagian kiri…setiap dipakai jalan atau mengerjakan sesuatu langsung terasa sakit,,hingga berjalannya terseok-seok…

    kemudian saya bawa ke RSU dan dironsen,,ternyata skoliosis dan dokternya bilang jg osteoporosis…sudah minum obat resep dokter berulang kali,,tapi tak kunjung sembuh… kadang-kadang tangan sebelah kiri jg tersa kesemutan…saya tidak tega melihat ibu saya yang demikian merasakan sakit dok… apa yg harus kami lakukan??? obat rasanya blm mempan…

    terima kasih atas jawaban dan penjelasannya…

    Selamat Malam

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pinggul sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini tidak hanya terjadi pada usia tua saja, namun usia muda pun sering mengalaminya. Penyebab keluhan nyeri pinggang ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satu yang paling sering adalah karena gangguan pada muskuloskeletal baik karena adanya gangguan pada otot, tulang ataupun sendi. Ada beberapa penyebab atau pun faktor pencetus yang memungkinkan munculnya keluhan nyeri pinggul, salah satunya adalah faktor pekerjaan misalnya seseorang yang sering melakukan aktivitas angkat beban berat ataupun karena posisi kerja yang kurang baik. Faktor usia juga bisa menjadi salah satu faktor resiko misalnya pada usia tua dimana kepadatan tulang sudah mulai menurun. Selain itu, keluhan nyeri pinggul yang menjalar ke kaki bisa juga terjadi akibat gangguan pada persarafan.

    Jika sudah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan adanya gangguan pada tulang seperti skoliosis dan juga osteoporosis maka ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, yang paling sering adalah terapi simptomatik untuk mengurangi gejala. Selain dengan obat – obatan bisa juga dilakukan fisioterapi untuk membantu memulihkan keadaan pasien. Untuk itu silakan anda konsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik untuk menentukan terapi yang paling tepat bagi kondisi ibu anda.

    Silakan anda baca artikel berikut yang terkait dengan keluhan anda:

    Nyeri Punggung dan Pinggang Karena Saraf Terjepit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit di Bagian Pinggul Ke Bawah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.