• Dok, saya ingin bertanya . Nama saya rudi umur 23thun. Pada saat saya ddk atau berdiri terkadang ada rasa sakit di bagian punggung dan pinggang serta area dekat bokong. Cuman rasa skit di area bokong pernah saya alamin dan tiba-tiba beberapa hari kemudian ngak skit lagi, dan da 1 minggu ini mulai sakit lagi. Trus utin saya berbusa dok. Pas saya mengkonsumsi air yg byk urin normal tp pada saat saya kurang mengkonsumsi air urin saya berbusa lagi, dan udh 2mggu lebih donk. Tolong masukanny, terima kasih dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pada bokong seringkali dicetuskan karena adanya gangguan persarafan yang mempersarafi daerah tersebut, bisa dicetuskan akibat aktivitas tertentu yang kurang ergonomis atau karena penyakit lain yang mendasarinya, seperti akibat neuritis atau peradangan pada syaraf, ischialgia atau inflamasi pada nervus ischiadicus. Nervus ischiadicus merupakan saraf besar yang mempersarafi area bokong dan sekitarnya. Gangguan pada nervus atau saraf ini bisa menyebabkan keluhan nyeri pada bokong yang terasa ringan hingga berat, bahkan ada yang sampai tidak bisa berjalan.

    Jika keluhan ini berkaitan dengan aktivitas yang kurang ergonomis, maka perbaikilah postur tubuh saat melakukan kegiatan. Misal, usahakan saat mengambil barang di lantai maka jongkok terlebih dahulu dengan posisi seimbang baru ambil barang. Jangan langsung membungkuk untuk mengambil barang yang posisinya jauh lebih rendah dari anda. Begitu pun saat berusaha menjangkau barang yang letaknya jauh, perhatikan posisi anda. Saat beralih dari posisi duduk ke berdiri, usahakan untuk bertumpu pada satu benda sebagai penyeimbang bobot tubuh anda. Jika keluhan nyeri masih berlangsung bisa dikonsumsi obat penghilang nyeri seperti ibuprofen, asam mefenamat dan lainnya namun tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Konsumsi suplemen vitamin B kompleks juga dapat membantu mensuplai kebutuhan nutrisi pada saraf anda. Silakan periksakan diri ke dokter jika keluhan berlanjut.
    Untuk keluhan urine berbusa bisa karena hal normal misal karena kurangnya konsumsi air putih namun juga bisa karena sebab lain. Jika memang keluhan ini disertai keluhan lain misal urine sedikit, nyeri perut ataupun pinggang dan lain sebagainya maka silakan periksakan langsung ke dokter terdekat di daerah anda agar mendapat pemeriksaan yang detail guna menegakkan penyakit yang anda alami.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sakit di Punggung, Pinggang dan Bokong

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.