• Siang Dok,
    Saya mau tanya saya sakit gigi kurang lebih 4 bulan blm sembuh. Gigi berlubang sudah ke dokter belum ada perubahan, mau di cabut belum boleh karena masih ngilu, saya sudah tidak ke dr. gigi lagi? saya di belikan obat antalgin sama amoxicillin sama mertua saya, di minum tidak papa ya dok. karena tanpa resep dr. Apakah ada efek sampingnya? Umur saya 31 tahun.

    Terima kasih

    Salam

    Dede

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit gigi sering sekali dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini umumnya tak berbahaya, namun rasa sakit yang dialami secara terus menerus dirasakan sangat mengganggu bagi individu yang mengalaminya. Penyebab keluhan sakit gigi biasanya karena gigi yang berlubang. Gigi berlubang atau dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan karies dentis dapat terjadi pada semua gigi, namun yang biasanya sering mengalaminya adalah gigi geraham. Karena gigi ini yang dominan digunakan untuk mengunyah, sehingga ketika kebersihannya tidak dijaga maka akan menimbulkan keluhan gigi berlubang.

    Jika yang mengalami gigi berlubang adalah gigi susu (gigi sementara) maka tak terlalu menjadi masalah, namun jika gigi permanen yang berlubang maka harus diterapi dengan adekuat karena jika gigi tersebut rusak dan tak dapat dirawat lagi maka pilihan terakhir dengan dicabut. Jika gigi permanen dicabut, maka tidak ada gigi lagi yang akan tumbuh menggantikannya. Saat gigi nyeri memang belum bisa dilakukan tindakan pada gigi berlubang tersebut, sehingga harus diberikan obat anti nyeri yang sesuai serta antibiotik yang diperlukan.

    Namun tak semua gigi berlubang perlu antibiotik, dokter yang memeriksalah yang tahu lebih pasti perlu tidaknya pemberian antibiotik. Penggunaan antibiotik yang tak sesuai indikasi dan waktu pemberian dapat menimbulkan beberapa efek samping yaitu resistensi kuman penyebab infeksi terhadap antibiotik yang digunakan. Jika kuman tak sensitif lagi dengan obat tersebut, maka perlu obat lain dengan generasi lebih tinggi yang kadang kala lebih mahal dan jika ini berlanjut terus menerus maka dikhawatirkan akan susah mencari antibiotik yang sesuai.

    Sekian penjelasan dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.