• Dok, saya sudah sakit gigi selama seminggu lebih,gigi geraham saya berlubang dok, sudah mengonsumsi obat yang dokter anjurkan semuanya, tetapi sembuh hanya sebentar saja selesai makan sakit lagi, saya sudah berkumur menggunakan air hangat asin, tetapi masih belum sembuh juga, jadi sebaiknya gigi saya ini di cabut apa ditambal dok ? Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gigi berlubang memiliki beberapa alternatif tindakan untuk mengatasinya. Obat – obat yang diberikan seperti antibiotik, obat penghilang nyeri (misal paracetamol, asam mefenamat dan lainnya) serta obat penghilang radang hanya diberikan untuk mengatasi infeksi dan juga gejala yang anda alami seperti rasa nyeri dan bengkak. Obat – obatan ini tidak berfungsi untuk mengatasi penyebab keluhan, dalam hal ini adalah gigi yang berlubang. Artinya, ketika rasa nyeri sudah hilang maka segeralah anda ke dokter gigi. Harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk melihat sejauh apa kerusakan yang terjadi pada gigi dan jaringan sekitar gigi, apakah gigi masih vital atau tidak sehingga dapat diketahui tindakan apa yang paling tepat untuk mengatasinya.

    Jika dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa tingkat kerusakan tidak terlalu dominan serta gigi masih vital maka dapat dilakukan tindakan penambalan gigi untuk mempertahankan gigi tersebut. Namun jika dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa kerusakan gigi sudah sangat parah dan juga gigi tidak bisa dipertahankan lagi maka tentu dokter gigi akan menganjurkan untuk melakukan tindakan ekstraksi atau pencabutan gigi. Tidak bisa seorang dokter menentukan tindakan yang terbaik bagi pasiennya jika tidak dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Oleh karena itu silakan anda kunjungi dokter gigi di daerah anda secara langsung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Gigi Sebaiknya Dicabut atau Ditambal?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.