• dok saya mau tanya akhir2 ini ibu saya mengalami kaki bengkak dan tdi malam ibu saya mengalami sesak napas dan demam tinggi…apakah itu berbahaya bagi jantung ???krn memiliki penyakit jantung…bagaimana carany agar kakinya kembali seperti semula??? tidak bengkak

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kaki bengkak akibat tertumpuknya cairan pada jaringan interstitial atau yang disebut dengan istilah edema dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, mulai dari kekurangan protein dalam tubuh, infeksi, penyakit jantung, gangguan di ginjal dan lain sebagainya. Pada penyakit jantung, misal gagal jantung, keluhan bengkak pada kaki bisa disertai keluhan lain antara lain dada terasa sesak, tidak kuat melakukan aktivitas ringan hingga berat (tergantung derajat penyakitnya), dan lain sebagainya. Gagal ginjal juga bisa menyebabkan keluhan kaki bengkak (edema) disertai sesak napas. Oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab keluhan ibu anda, baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang.

    Untuk mengatasi keluhan kaki bengkak bisa diberikan obat anti diuretik yang berperan untuk mengeluarkan tumpukan cairan yang berada pada jaringan interstitial. Obat ini akan menimbulkan efek sering kencing dan cairan yang menumpuk tersebut akan dikeluarkan lewat urine tersebut. Namun untuk kasus ibu anda saat ini, penentuan diagnosis atau penyebab keluhan ibu anda adalah yang terpenting dan menjadi prioritas. Karena jika memang karena penyakit jantung maka perlu obat – obatan yang membantu agar kerja jantung tidak menjadi berat yang berakibat munculnya keluhan – keluhan berupa sesak napas, tekanan darah abnormal, bengkak kaki dan lain sebagainya. Oleh karena itu silakan konsultasi secara langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih mendetail dan mendapat terapi yang sesuai.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Jantung Kaki Bengkak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.