• assalamualaikum dok,

    saya mau tanya, saya sudah merasakan sakit kepala sejak 3 hari yang lalu, saya sudah coba minum obat untuk pereda sakit kepala tetapi sampai saat ini masih belum ada perubahan.

    sakit kepala yang saya alami sakit dibagian belakang. jika sedang tidur lalu bergerak sakit itu muncul. jika bangun setelah duduk sakit itu juga muncul dok.

    sakit kepalanya disertai rasa sakit dibagian hidung.

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit kepala memiliki beberapa karakteristik, ada sakit kepala berputar (vertigi), sakit kepala sebalah (migrain), sakit kepala seperti tertekan dan tegang ( tension headache) dan lain sebagainya. Penyebabnya juga beraneka ragam. Sakit kepala ada yang bersifat primer artinya tidak ada penyakit yang mendasari timbulnya sakit kepala namun juga bisa termasuk sakit kepala sekunder artinya sakit kepala terjadi akibat penyakit tertentu yang menyebabkan keluhan tersebut, misal stroke, hipertensi dan lain sebagainya.

    Berikut ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala secara umum yaitu:

    1. Akibat stress berlebihan, baik stress fisik maupun psikis
    2. Aktivitas yang sangat berlebihan
    3. Istirahat yang sangat kurang
    4. Kurangnya asupan makanan
    5. Membaca terlalu lama
    6. Karena tekanan darah terlalu tinggi (hipertensi) ataupun tekanan darah terlalu rendah (hipotensi). Hipotensi ortostatik bisa menimbulkan gejala kepala terasa sakit atau terasa keliyengan saat pasien pindah posisi, umumnya saat pindah posisi tiba – tiba dari tidur ke duduk ataupun berdiri.
    7. Trauma, misal terbentur. Jika kepala terbentur sangat ringan maka umumnya tidak akan menimbulkan rasa nyeri pada kepala anda hingga berhari – hari. Namun jika benturan cukup kuat, maka dapat berlangsung lebih lama.
    8. Akibat flu atau infeksi saluran napas atas. Penumpukan ingus (sekret) di dalam rongga kepala (hidung dan rongga sinus) bisa menyebabkan keluhan sakit kepala.
    9. Dan lain sebagainya

    Jika keluhan sangat mengganggu maka sebaiknya anda langsung memeriksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Bagian Belakang Terutama Saat Gerak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.