• Selamat Siang Dok, saya mau nanya, sudah beberapa bulan ini saya sering terkena serangan vertigo, namun setelah minum obat anti vertigo mendingan tidak berputar-putar lagi, namun saya jalan masih merasa sempoyongan badan terasa lelah dan capek terus, padahal istirahat saya sudah cukup, setiap hari merasa pegal dibagian tengkuk leher bagian belakang.

    sebagai informasi 3 tahun lalu saya terkerna suddentdeafness namun setelah berlalu saya tidak pernah mengalami vertigo lagi, baru beberapa bulan terakhir ini saya mengalami vertigo kembali, setiap dokter yang saya datangi dan konsultasi selalu berpendapat vertigo saya kambuh dikarenakan ketulian saya, namu yang saya rasakan beda dok, saya merasa ada yang aneh di kepala bagian belakang hingga kanan yang serasa berat.

    Mohon saran dari dokter.

    Terimakasih banyak sebelumnya.

    salam,

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sakit kepala menjadi salah satu keluhan yang sering dialami. Pada kasus anda sakit kepala yang dialami terasa berputar – putar atau yang biasa disebut dengan vertigo. Vertigo sendiri dibagi menjadi beberapa tipe yaitu vertigo perifer (akibat gangguan di saraf vestibular dan labirin yang merupakan bagian dari telinga dalam) dan vertigo sentral (akibat gangguan di sistem saraf pusat). Vertigo yang muncul mendadak tanpa ada gejala awal sebagai tanda peringatan serta menghilang dengan cepat lebih ke arah vertigo perifer.

    Penyebab vertigo yang paling sering yaitu:

    1. Benign Paroxysmal Postural Vertigo (BPPV). Keluhan vertigo biasanya terkait dengan postur tubuh. Umumnya menyebabkan keluhan sakit kepala. Kadang – kadang infeksi telinga bisa menyebabkan BPPV
    2. Penyakit meniere. Merupakan kondisi yang menggabungkan keluhan sakit kepala dan penurunan pendengaran. Penyebabnya belum pasti. Ada beberapa penelitian mengatakan stress bisa menjadi faktor pencetus, selain itu konsumsi makanan tinggi garam dan juga alkohol.
    3. Neuronitis vestibular. Sering menyebabkan keluhan sakit kepala yang berlangsung sekitar 2 hingga 3 minggu

    Sebenarnya masih banyak lainnya penyebab dari vertigo, misal akibat infeksi telinga dalam. Sehingga memang perlu pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebab keluhan anda. Sebaiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis THT dan dokter spesialis saraf untuk memastikan kembali penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Vertigo dan Sakit Kepala Terasa Berat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.