• Selamat siang dok, saya ingin konsultasi nii. Sejak beberapa bulan terakhir ini saya sering mengalami sakit kepala yang biasanya datang secara mendadak, kalau udah sakit tuu badan jadi makin lemas, dan kadang sakitnya menyebar ke rahang, ke leher, sampai ke lengan. Jadi menurut dokter itu jenis sakit kepala yang bagaimana ? Apakah itu berbahaya ? Lalu apa yang harus saya lakukan agar tidak sakit seperti itu lagi ??

    Terimakasih dok..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Berdasarkan tipe nyerinya, sakit kepala dibedakan menjadi beberapa jenis. Sakit kepala yang hanya berlangsung di satu sisi saja disebut dengan migrain, sakit kepala berputar atau pusing 7 keliling disebut juga sebagai vertigo, sedangkan sakit kepala yang terasa tegang atau seperti terikat tali disebut sebagai tension headache.

    Secara umum penyebab sakit kepala sangat banyak. Berikut akan dijelaskan beberapa hal yang bisa mencetuskan ataupun menyebabkan keluhan sakit kepala yaitu antara lain:

    1. Aktivitas fisik yang padat tanpa diimbangi istirahat yang cukup bisa mencetuskan keluhan sakit kepala.
    2. Kurangnya asupan nutrisi ataupun karena pola makan tak teratur seperti terlambat makan dll.
    3. Konsumsi makanan dengan kadar natrium tinggi (misal garam dan MSG), makanan tinggi kolesterol (misal udang, kepiting, daging kambing, dll), kafein ataupun alkohol bisa menyebabkan keluhan sakit kepala
    4. Tekanan darah yang tidak normal baik karena terlalu tinggi (hipertensi) ataupun tekanan darah rendah (hipotensi)
    5. Faktor psikis atau stress
    6. Penyakit pembuluh darah dan gangguan persarafan lainnya
    7. Penyebab lainnya

    Anda perlu memeriksakan diri anda secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab dan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan. Untuk pertolongan awal bisa konsumsi obat analgetik atau obat penghilang nyeri seperti paracetamol, asam mefenamat, ibuprofen dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Mendadak & Badan Lemas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.