• Selamat pagi dokter,

    Saya sudah 6bulan ini mengalami sakit kepala di bagian belakang dan sakitnya sy rasakan setiap pagi dari pagi sampe sore hari, sedangkan dari sore sampai malam biasanya sakitnya mereda.

    Saya sudah periksa kedokter saraf, dicek secara klinis respon tubuh hasilnya normal dan juga di rongsen di bagian leher ada otot yang kram. Pertanyaanya sakit apa saya? Sebaiknya saya bagaimana?

    Terimakasih.

    Selamat malam, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com.

    Memang banyak yang mengalami sakit kepala bagian belakang dan setelah dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter ahli dan mereka menyatakan bahwa tidak ada masalah dengah kesehatan pada tubuh. Maka tak heran banyak yang penasaran sebenarnya apa yang terjadi.

    Perlu diketahui bahwa rasa sakit adalah persepsi tubuh sebagai respon terhadap rangsangan ataupun tanpa ransangan yang sungguh nyata. Sakit kepala bagian belakang sering disebabkan oleh ketegangan otot bagian belakang (leher-kepala) akibat lelah bekerja atau bisa juga akibat ketegangan psikis. Ini jarang disadari oleh kebanyakan orang, kebanyakan orang lebih cendrung memikirkan hal-hal berbahaya seperti darah tinggi, kolesterol, atau jangan-jangan terkena stroke. Padahal keluhan sakit kepala belakang bukanlah gejala utama dari penyakit-penyakit tersebut.

    Jika hal ini (tegang otot&psikis) terjadi, solusi terbaik adalah melakukan relaksasi atau latihan peregangan otot serta memperbaiki postur tubuh saat bekerja, atau dengan cara memperbanyak frekuensi istirahat.

    Pemijatan ringan dan dan kompres hangat pada daerah leher dan kepala bagian belakang cukup membantu meringankan rasa sakit dan ketegangan.

    Jika sudah demikian namun keluhan tetap saja berlanjut maka perlu dilakukan pemeriksaan lagi yang lebih menyeluruh dan lengkap. Selalu konsultasikan dengan dokter yang menangani Anda.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Bagian Belakang Diperiksa Normal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.