• Assalamualaikum dok,

    Jadi saya punya keluhan, waktu itu telinga saya tiba-tiba gatal lalu saya garuk pake tangan/kuku trus karena itu saya korekin pake cottonbud tapi sembuh gatelnya cunan sebentar kan. Jadi saya korek bisa sehari sekali. Trus abis itu, kuping saya jd berdarah gt tp gak netes hanya kalo dikorek saja. Akhirnya dibawa ke dokter lah sama nenek saya. Dikasih obat tetes sama minum. Bukannya malah tambah baik kuping saya malah jd bindeng. Abis itu mama saya bilang pakein rivanol. Saya lakukan korek kuping pake rivanol. Tapi gak lama sembuh. Trus balik lg msh bentar2 gatel. Lalu jd bengkak gt kuping kiri saya. Dan udh dibawa kedokter katanya bengkak. Nah kali ini bengkak telinga kiri saya dirasakan juga dengan kram di kepala kiri saya. Seperti ditusuk2 benda keras. Dan dibawah daun telinga sayaa juga seperti ditusuk2, alasanya apaa ya dok? Apa ini masalah serius? Saya bawa ke tht atau ke dokter apa ya dok? Makasih yaa ditunggu jwbannya

     

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kebiasaan mengorek – ngorek telinga baik dengan cotton buds, kuku dan lainnya seringkali menimbulkan efek tak mengenakkan yaitu sering menimbulkan luka pada liang telinga atau pada bagian telinga yang lebih dalam. Luka ataupun iritasi yang terjadi akan mempermudah masuknya kuman lewat tempat luka tersebut sehingga menyebabkan terjadinya infeksi. Infeksi bisa akibat bakteri, virus, jamur ataupun mikroorganisme lainnya. Namun penyebab terseringnya adalah akibat ineksi bakteri.

    Infeksi pada telinga luar (otitis eksterna ) dan infeksi pada telinga tengah (otitis media) merupakan infeksi telinga yang paling sering terjadi akibat kebiasaan mengorek telinga. Keluhan yang dirasakan pasien bermacam – macam mulai dari nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan pendengaran, sakit kepala dan lain sebagainya.  Namun sakit kepala yang anda rasakan juga bisa saja disebabkan karena hal lainnya mengingat penyebab keluhan ini sangat banyak sekali. Untuk memastikan keluhan yang anda rasakan sebaiknya anda memeriksakan terlebih dahulu ke dokter terutama dokter spesialis THT sehingga bisa dipastikan apakah sumber keluhan yang terjadi karena gangguan pada telinga atau bukan. Hal ini juga penting untuk menentukan terapi yang sesuai dengan kondisi anda. Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Bisa Karena Pembengkakan Saluran Telinga?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.