• Dokter, saya mau tanya. Saya sering mengalami sakit kepala sebelah kiri dok. Terkadang disertai dengan sakit dada sebelah kiri dok. Saya berumur 18 tahun dokter. Apakah saya memiliki penyakit yang berbahaya dok? Dan bagaimana cara mengatasi agar tidak sakit lagi dok ?

    Terimakasih dokter.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sakit kepala sebelah atau disebut juga dengan migrain bisa disebabkan oleh banyak hal. Tidak semuanya terjadi karena ada penyakit tertentu yang mendasarinya. Berikut akan diuraikan beberapa penyebab keluhan sakit kepala yaitu antara lain karena faktor psikosomatis atau karena stress, kelelahan fisik, penyakit atau gangguan pada saraf , infeksi baik karena bakteri, virus, ataupun mikroorganisme lainnya, akibat obat – obatan tertentu, pengaruh alkohol, akibat makan makanan tertentu misal tinggi kolesterol dan tinggi natrium, adanya tumor atau massa pada otak dan masih banyak lagi.

    Begitu pun dengan keluhan nyeri dada sebelah kiri banyak sekali penyebabnya. Rasa nyeri yang dirasakan juga berbeda – beda mulai dari terasa panas, tertusuk – tusuk dan lainnya. Penyebab keluhan nyeri dada bisa karena gangguan pada otot dada akibat benturan, salah posisi kerja, dan lain sebagainya. Atau bisa juga karena penyakit organ dalam misal jantung, paru dll.

    Untuk memastikan penyebab keluhan tersebut harus dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter. Silakan kunjungi dokter terdekat di daerah anda. Setelah diketahui diagnosis penyakit tersebut barulah ditentukan pengobatan yang paling tepat. Untuk tatalaksana awal bisa diberikan obat penghilang nyeri seperti paracetamol, asam mefenamat dan lainnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala dan Dada

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.