• Dokter saya punya rasa sakit di sekitar hidung saya, dan sakit tersebut dadakan jadi tidak terus menerus. Yang saya rasakan pertama kali pusing di dahi antara dua mata dan hidung.

    Jika sedang mengalami saya terasa pusing dan mual. Juga saya merasakan pahit disekitar tenggorokan. Efeknya juga membuat dada terasa sesak juga.

    Pernah saya merasakan ada sesuatu yang tertelan dari hidung saya, setelah itu saya merasakan agak enak.

    Saya sudah ke dokter THT dan menurut dokter tidak ada gangguan dihidung saya karena dari penglihatan ke dalam hidung kondisi bersih.

    Harus ke dokter spesialis apakah untuk mengetahui mengenai penyakit saya, karena saat menyerang menyebabkan kaki dan tangga lemas dan gemetaran.

    Saya sudah melakukan cek darah lengkap, kolestrol, asam urat dan saat ini hasilnya normal, tensi darah rendah. Saya juga sudah cek jantung sampai ctscan jantung dan juga normal.

    Mohon saran dokter, terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan yang anda rasakan sebenarnya tidak terlalu spesifik dan menunjukkan keluhan di hampir seluruh bagian tubuh. Keluhan nyeri di hidung disertai dahi antara kedua mata yang terasa nyeri sebenarnya bisa juga diakibatkan oleh sinusitis. Namun awalnya biasanya disertai keluhan pilek yang tak kunjung sembuh, kadang disertai demam, lalu baru beralih ke nyeri di dahi antara ke dua mata, atau bagian pipi lainnya. Anda bisa berkonsultasi ulang kepada dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (Sp THT) untuk memastikan penyebab keluhan anda. Ada baiknya waktu berkonsultasi dilakukan saat keluhan sedang berlangsung, agar jika memang terdapat gangguan di rongga hidung anda dapat dipastikan. Namun jika memang nantinya memang benar-benar tidak ditemukan adanya gangguan pada rongga hidung anda serta dinyatakan normal, maka bisa saja hal tersebut terjadi karena faktor psikosomatis.

    Faktor psikosomatis biasanya hanya berupa gejala subjektif yang dialami pasien tanpa ditemukan kelainannya secara objektif melalui pemeriksaan fisik ataupun penunjang. Hal ini bisa saja terjadi pada individu dengan tingkat stress dan kecemasan yang tinggi sehingga selalu merasa adanya gangguan pada tubuhnya namun belum bisa dibuktikan dengan hasil pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang.

    Oleh karena itu coba anda pastikan ulang keluhan anda ke dokter sp THT. Namun sebelumnya istirahatlah yang cukup, jaga asupan makanan anda, olahraga teratur, tenangkan pikiran dan jalani hari dengan lebih rileks. Kesehatan bukan hanya mengenai jasmani saja, kesehatan jiwa juga merupakan aspek terpenting untuk kelangsungan hidup kita.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala dan Sakit di Sekitar Hidung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.