• Halo Dok,

    Anak laki2 saya (7th) baru saja sembuh dari sakit mag dan selama 10 hari ini dia alami sakit kepala terutama di malam hari. Di siang hari dia lincah dan aktif, kalaupun sakit dia masih bisa tahan.

    Sakitnya di bagian belakang kepala, dia ga berani taro kepalanya di bantal karena sakit sekali. Jadi kalo lagi sakit, dia tidur dengan posisi duduk dan kadang sambil nangis menahan sakit. Tiap kali saya bujuk untuk tengkurap ato miring, dia meringis2 kesakitan dan langsung duduk lagi, terus begitu selama 1-2 jam. Menurut dia, dia merasa sakitnya seperti dipukuli di bagian belakang kepala.

    Selama ini dia minum panadol anak, tp hanya mengurangi rasa sakitnya saja, tidak menghilangkan sakitnya.

    Saya sudah cek ke dokter umum, tidak ditemukan apa2. Dan saya bawa ke dokter gigi, ga ada sesuatu di giginya yg membuat dia sakit kepala.

    Dok, kira2 apa ya Dok penyebab sakit kepala seperti ini? Kok untuk rebahan dan relax aja ga bisa. Panadol juga ga terlalu membantu. Dia cenderung banyak bergerak gelisah kalo lagi sakit.

    Terima kasih sebelumnya Dok.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sakit kepala merupakan keluhan yang bisa dialami oleh tiap individu, tidak hanya orang dewasa namun juga anak – anak. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang bisa disebabkan oleh banyak hal sehingga perlu pemeriksaan secara lebih detail untuk memastikan penyebab keluhan tersebut. Secara umum ada banyak penyebab keluhan sakit kepala pada anak yaitu antara lain adalah:

    1.       Penyakit infeksi bisa menjadi salah satu penyebab tersering keluhan sakit kepala pada anak. Infeksi bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh baik infeksi pada kulit kepala hingga ke bagian lainnya seperti telinga, saluran napas dan lainnya. Penyebab infeksi juga beraneka ragam mulai dari bakteri, hingga mikroorganisme lainnya.

    2.       Tumor atau adanya massa di otak dan area sekitarnya juga bisa menyebabkan keluhan sakit kepala

    3.       Penyakit gangguan pembuluh darah misalnya pelebaran pembuluh darah otak hingga adanya sumbatan di otak bisa menjadi penyebab keluhan sakit kepala hebat.

    4.       Faktor psikosomatis bisa saja menjadi penyebab. Pada kasus ini keluhan sakit kepala bersumber dari masalah psikis pasien tanpa ditemukan sumber masalahnya secara fisik.

    5.       Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang misalnya CT scan kepala dan lainnya. Untuk menentukan apakah kondisi anda berbahaya atau tidak perlu tahu dulu diagnosisnya. Terapi tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca link berikut yang terkait dengan keluhan yang anda tanyakan:

    Sering Sakit Kepala? Ketahui Penyebab dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Hebat pada Anak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.