• Dok saya arni . Umur saya baru 16 tahun . Kira2 kenapa ya dok kox akhir” ini saya sering sakit kepala bagian kanan depan . Truz perut kadang juga perih banget . Setiap habis makan pasti langsung mual dan mutahhh . .

    Selamat siang Arni, Terima kasih atas pertanyaannya di mediskus.com.

    Sakit kepala sebelah kanan dan sakit perut yang terasa perih merupakan dua gejala yang berbeda walaupun keduanya bisa saling berkaitan.

    Sakit perut apabila itu terjadi di sebelah kiri atas dan terasa perih atau terasa terbakar, maka besar kemungkinan itu disebabkan oleh penyakit maag atau gangguan pada lambung.

    Penyakit tersering pada lambung adalah meningkatnya asam lambung, hal ini paling sering disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dengan jadwal yang sering telat atau makannya hanya sedikit tetapi jarak antara makanan yang satu dengan yang lain itu berjauhan atau mungkin akibat mengonsumsi makanan-makanan yang bersifat asam, pedas, dan sebagainya sehingga bisa merangsang produksi asam lambung.

    Jika hal ini terjadi Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat-obatan yang banyak tersedia di pasaran dengan nama obat sakit maag ada banyak pilihan merk Silahkan pilih yang cocok untuk anda.

    Sedangkan sakit kepala sebelah kanan depan, kondisi ini paling sering disebabkan oleh migrain. Migren itu sendiri juga banyak pencetusnya bisa terjadi akibat pola makan yang tidak teratur, juga kurangnya istirahat, kurangnya olahraga atau akibat kondisi hormonal yang tidak seimbang misalnya akibat stress psikis atau beban pikiran yang banyak. Lebih lanjut silahkan baca:Penyebab Migrain dan Cara Mengobatinya

    Kondisi ini bisa diringankan dengan mengonsumsi obat pereda rasa sakit yang banyak tersedia di pasaran sebagai contoh Paracetamol atau ibuprofen pastikan untuk selalu membaca petunjuk penggunaan yang ada pada label.

    Tentu saja tugas anda sekarang adalah mencoba mengintrospeksi diri apakah pola hidup sehari-hari anda sudah sehat atau belum. Coba perhatikan jadwal makan Anda apakah sudah teratur, tidur malam apakah sudah 7-8 jam, dan Apakah anda rajin berolahraga minimal seminggu dua kali.

    Dengan menerapkan pola hidup sehat mudah-mudahan keluhan anda ini keduanya bisateratasi. Namun apabila keluhan masih tetap saja berlanjut kami anjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

    Sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Kanan Depan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.