• Selamat siang Dok…

    Umur saya 19thn (wanita), sekitar 3 tahun lalu saya pernah di diagnosis dokter bahwa saya terkena penyakit ‘penyumbatan/penyempitan(saya lupa) pada otak kanan’. Diagnosa itu disimpulkan setelah saya menjalani tes EEG. Sebelumnya saya sering mengalami sakit kepala berlebih namun hanya dalam waktu kurang dari 1 menit saja, akan tetapi dalam sehari saya bisa merasakan sakit kepala itu bisa lebih dari 5-10 kali. Selain itu pada tahun tersebut saya mengalami kejang mungkin sebanyak 7x sampai akhirnya saya tidak sadarkan diri selama beberapa jam. Hal itulah yang menyebabkan dokter merekomendasikan untuk tes EEG. Dari hasil yang saya baca, disitu tertera ‘abnormal’. Lalu saya hanya disarankan untuk meminum secara teratur 1x sehari obat Depakene syrup. Namun saya berhenti meminumnya setelah beberapa bulan saja.

    Sekarang, sakit kepala itu masih sering saya rasakan. Padahal saya teratur makan & tidur, serta cukup minum air putih. Saya tidak pernah kejang lagi semenjak 3 tahun lalu itu.

    Yang saya permasalahkan sekarang adalah rasa sakit kepala saya yang selalu datang setiap sekitar  5jam sekali, terkadang sering. Jika sakit kepala sakitnya terlalu sakit paling sakit, saya langsung merasa pusing. Namun itu terjadi hanya beberapa detik saja. Selain itu saya juga merasa ngantuk berlebihan di siang atau pagi bahkan sore hari, padahal saya tidur teratur dan tidak sering begadang.

    Untuk tambahan, semenjak saya di diagnosis seperti itu saya menjadi pelupa. Terutama lupa pada nama-nama orang atau kejadian (jangka panjang atau pendek) . Darah saya 117 . Berat badan saya 47, tinggi saya 165.

    Apa tindakan yang saya harus lakukan Dok? Dan apakah ada penyakit berbahaya? Terima kasih Dok….

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab sakit kepala sangat banyak sekali, bisa karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Sakit kepala yang anda alami saat ini bisa berkaitan dengan keadaan yang anda alami dahulu, atau bisa saja karena penyebab lainnya. Secara umum ada banyak penyebab keluhan sakit kepala yaitu antara lain adalah:

    1.       Tekanan darah yang abnormal baik tekanan darah tinggi maupun rendah

    2.       Penyakit infeksi, mulai dari infeksi di telinga, saluran napas hingga infeksi di bagian otak dan juga batang otak. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari bakteri, hingga mikroorganisme lainnya.

    3.       Tumor atau adanya massa di otak dan area sekitarnya juga bisa menyebabkan keluhan sakit kepala

    4.       Penyakit gangguan pembuluh darah misalnya pelebaran pembuluh darah otak hingga adanya sumbatan di otak bisa menjadi penyebab keluhan sakit kepala hebat.

    5.       Penyebab lainnya

    Untuk memastikan apakah yang anda alami saat ini berkaitan dengan kesehatan anda sebelumnya atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang misalnya CT scan kepala dan lainnya. Untuk menentukan apakah kondisi anda berbahaya atau tidak perlu tahu dulu diagnosisnya. Terapi tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter terutama dokter spesialis saraf di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala & Riwayat Penyempitan Otak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.