• hai dok, saya mengalami sakit kepala semenjak melahirkan anak pertama 2 tahun yg lalu. Sakit kepala yg saya alami berupa tegang dari bahu kiri kepala, telinga, mata,hidung dan pipi. Seringkali pipi hingga terasa kaku dan seperti tertarik, mata seperti tidak tidur dalam waktu yg lama (hanya sebelah kiri), hidung sakit sekali (sebelah kiri), terlebih telinga rasanya seperti orang yg mengalami radang telinga. Ini termasuk dr sakit kepala apa ya dok? Karna sakitnya lumayan berlarut2. Apa sebaiknya saya periksa ke dokter?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tipe sakit kepala ada beberapa tergantung dari rasa nyeri yang dirasakan dan ataupun gejala lain yang menyertai keluhan nyeri tersebut. Jika sakit kepala terasa tegang ataupun terasa berat seperti ada benda yang menimpah atau terasa seperti terikat tali maka bisa termasuk ke dalam tension headache. Jika keluhan nyeri kepala hanya berlangsung di salah satu sisi saja baik kanan maupun kiri maka bisa disebut sebagai migrain.

    Penyebab sakit kepala ada beberapa hal, misalnya saja karena:

    1. Tekanan darah yang terlalu tinggi ataupun tekanan darah terlalu rendah. Yang perlu diperhatikan adalah adakah riwayat tekanan darah tinggi selama kehamilan dan atau persalinan.
    2. Infeksi juga bisa menyebabkan keluhan sakit kepala. Misalnya infeksi pada saluran napas seperti sinusitis (infeksi pada rongga sinus), rinitis (infeksi pada rongga hidung) dan lain sebagainya.
    3. Adanya tumor atau massa intra kranial (dalam kepala) bisa menyebabkan tekanan intra kranial meninggi dan menimbulkan keluhan sakit kepala.
    4. Faktor psikosomatis juga bisa menyebabkan keluhan sakit kepala dan keluhan – keluhan lainnya. Tidak ditemukan adanya gangguan atau kelainan fisik yang terjadi berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang namun pasien masih tetap merasakannya. Hal ini terjadi karena faktor psikis pasien atau persepsi pasien saja.
    5. Penyebab lainnya

    Jika keluhan sering terjadi ada baiknya dilakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Anda bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Sebelah Kiri Hingga Kehidung, Mata dan Pipi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.