• Selamat sore dok, saya perempuan berusia 17th. 3 hari terakhir saya merasakan pusing yang disertai sakit dibagian bawah telinga, dan sakitnya terkadang di sebelah kiri, kadang di sebelah kanan. Ketika saya menatap cahaya lampu/ cahaya dari komputer, kepala saya akan nyut-nyutan dan akan menjalar sampai ke bagian bawah telinga. Jikalau saya tiduran dan menghadap kanan, sakitnya di bagian sebelah kiri, dan begitupula sebaliknya. Menurut anda, saya menderita sakit kepala jenis apa? Mohon bantuannya dan terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit kepala banyak dialami oleh beberapa inidvidu. Sakit kepala juga memiliki banyak tipe. Jika anda merasakan nyeri kepala yang tumpul dan intensitas nyerinya stabil yang terasa seperti ada tekanan atau ikatan di kepala maka anda mengalami tension headache. Jika rasa nyeri berdenyut dimulai di bagian sebelah kepala dan membuat anda sensitif terhadap cahaya atau pun suara maka disebut migrain. Jika sakit kepala terasa hebat disertai mata merah, berair, dan juga hidung tersumbat maka kemungkinan mengalami cluster headache. Pada kasus anda bisa saja anda mengalami migrain.

    Secara umum penyebab sakit kepala sangat banyak antara lain;

    1. Faktor kelelahan fisik akibat aktivitas yang sangat padat
    2. Stress atau faktor psikis
    3. Tekanan darah yang terlalu tinggi ataupun rendah.
    4. Infeksi pada telinga juga sering menyebabkan keluhan sakit kepala
    5. Sinusitis atau infeksi pada rongga sinus.
    6. Akibat penyakit saraf
    7. Trauma atau cidera pada kepala
    8. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga dapat tegak diagnosis pastinya. Tatalaksana yang diberikan tergantung dari diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Kepala Sebelah Menjalar Ke Telinga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.