• Selamat malam dok… saya ingin bertanya… selama 1 minggu ini saya diare terus saya merasakan keram di bagian perut bawah dan disertai nyeri punggung juga.. padahal saya udah minum obat dari dokter, tetapi perut dan punggung saya masih nyeri.. Apakah penyakitnya berbahaya atau tidak dok?? Tolong di jawab ya dok

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kram perut yang anda rasakan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa juga terkait dengan keluhan diare yang anda alami. Disebut diare jika frekuensi buang air besar berlangsung lebih dari 3 kali dalam 1 hari dimana konsistensi tinja juga berubah menjadi lebih cair. Efek diare yang terjadi membuat pasien mengalami kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah yang cukup banyak jika tidak mendapat penggantian cairan yang hilang dalam jumlah yang cukup. Kehilangan cairan dan elektrolit ini bisa menimbulkan keluhan tambahan antara lain terjadinya kram perut, kesemutan, badan lemas dan lain sebagainya.

    Kram perut juga bisa terjadi karena toksin dari mikroorganisme penyebab diare yang terjadi pada anda. Kuman ini bisa menimbulkan kontrasi usus menjadi meningkat dan menimbulkan rasa nyeri dan tak nyaman bagi individu yang mengalaminya. Selain itu masih banyak lagi penyebab keluhan kram perut ini. Bahaya atau tidaknya tidak bisa ditentukan hanya berdasarkan informasi singkat yang anda sampaikan. Perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail, baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang dialami dan tingkat keparahannya. Tatalaksana yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan. Pemberian terapi yang cepat dan tepat juga mempengaruhi keberhasilan terapi.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Tetapi apakah ada obat untuk menghilangkan rasa sakit tersebut dok..??

Beranda Tanya Dokter Sakit Keram pada Perut Disertai Nyeri Punggung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.