• Assalamualaikum dok saya mau tanya sudah hampir setengah tahun saya sering sendawa, kentut, perut kembung, mual hingga muntah. Sebelumnya saya pernah dirawat di sebuah RS tapi diagnosis dokter hanya asam lambung yang meningkat. Hingga sekarang hal tersebut masih terasa. Mau makan atau tidak tetep saja perut terasa perih. Ini penyakit apa yah dok ? Cara penyembuhannya bagaimana ? Terimakasih dok.

    Waalaikum salam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering sendawa, kentut, perut kembung, mual hingga muntah  mual – mual seperti yang anda alami memang kebanyakan terkait dengan gangguan pada lambung atau yang biasa disebut sebagai dispepsia. Ada beberapa kebiasaan pasien yang menjadi cikal bakal terjadi dan sering berulangnya keluhan – keluhan ini antara lain karena kebiasaan makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, terlambat makan, merokok, konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, konsumsi alkohol hingga stress yang pasien alami.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini baik dengan terapi farmakologi maupun non farmakologi yaitu antara lain dengan:

    Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    Rilekskan pikiran karena faktor stress bisa menjadi salah satu faktor pencetus dispepsia.
    Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).
    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menyembuhkan Sakit Lambung?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.