• Saya berusia 51 thn. Sekitar tahun 2007 saya merasakan sakit lambung yang sangat perih. Dan itu sering berulang. Sakit itu nanti akan hilang jika muntah sudah tuntas. Jika belum bisa sampai berguling guling di tempat tidur. Dalam kondisi seperti itu obat maag tidak ada gunanya karena akan dimuntahkan.

    Ketika hari berikutnya berobat dan dapat obat maka timbul beberapa gejala misalnya susah buang air besar atau kebalikannya. Itu berangsung beberapa tahun kemudian cukup lama tak pernah kambuh lagi karena sangat menjaga makanan dr yg pedas dan tak minum kopi. Namun gangguan pencernaan seperti terlalu sering buang air besar (setiap habis makan akan selalu ke kamar kecil). Begitu juga setiap bangun pagi. Tapi tidak mengapa. Mungkin karena usia.

    Tahun lalu sakit lambung yg lama kambuh lagi dan lebih sakir dari sebelumnya. Muntah beberapa tapi masih perih. Hari itu sy merasa sdh akan meninggal. Alhamdulillah Allah masih memanjangkan usia sy. Setelah itu kondisi fisik berkurang drastis, stamina anjok. Tidak kuat lagi berlari. Sekedar info saya pergi pulang kerja naik commuter line yg sangat padat. Kadang terasa hampir pingsan.Setiap habis subuh kadang mata gelap dan terasa berputar putar.

    Itu dulu awal konsutasi saya. Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sakit lambung memang kerap menjadi keluhan yang sering dialami oleh beberapa individu. Penyakit ini biasanya terkait ppola hidup yang kurang baik sehingga sering kali berulang. Gejala yang dialami antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati dan lain sebagainya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya keluhan ini antara lain karena kebiasaan makan yang kurang baik seperti faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya. Selain karena pola makan yang kurang baik, keluhan ini bisa juga dicetuskan karena faktor psikosomatis misalnya karena stress berlebihan. Konsumsi obat – obatan penghilang nyeri dalam jangka panjang juga menjadi faktor yang turut meningkatkan frekuensi kejadian.

    Ada baiknya jika anda memang kerap mengalami keluhan ini, ada beberapa upaya yang harus anda lakukan untuk mengatasi keluhan ini dan juga menurunkan frekuensi kekambuhannya antara lain dengan:

    1. Menghindari stress berlebihan, cemas, dan faktor psikosomatis lainnya. Rilekskan pikiran anda.
    2. Kurangi aktivitas yang berlebihan tanpa disertai istirahat yang teratur.
    3. Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    4. Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi gangguan lambung. Namun obat sebaiknya dikonsumsi atas petunjuk dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Mag Berulang dan Daya Tahan Tubuh Turun

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.