• Selamat siang dok, saya mau konsutasi tentang keluhan yang dialami nenek saya, nenek saya sekarang berumur 75 tahun, sudah 2 minggu menderita sakit di bokong kanan disertai lebam, namun lebamnya bisa hilang dalam 2-3 hari dan kadang-kadang muncul lagi dan hilang lagi. bahkan susah untuk duduk dan jalan. sebelumya beliau setiap hari bekerja di sawah dengan aktivitas yang bisa dibilang sering membungkuk.

    pertanyaan saya, apa kira-kira yg terjadi pada bokong nenek saya itu? dan jika harus berkonsultasi ke dokter, maka saya harus bawa ke dokter spesialis apa?

    mohon masukannya dok,

    terimakasih…..

    Selamat Pagi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pada bokong sering dialami oleh beberapa individu terutama jika memasuki masa tua. Penyebab keluhan nyeri pada bokong ini bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    1.       Gangguan pada muskuloskeletal. Keluhan yang muncul akibat gangguan muskuloskeletal bisa terjadi karena adanya gangguan pada otot, tulang ataupun sendi. Banyak penyebab atau pun faktor pencetus yang memungkinkan munculnya keluhan nyeri pada bokong, salah satunya adalah faktor pekerjaan. Misalnya seseorang yang sering melakukan aktivitas angkat beban berat ataupun pekerja yang selalu duduk dalam jangka waktu lama setiap harinya sering mengeluh mengalami sakit bokong.

    2.       Gangguan pada persarafan misalnya pada saraf ischiadica menyebabkan terjadinya ischialgia yang memberikan gejala nyeri pada bokong yang menjalar hingga ke tungkai.

    3.       Penyebab lainnya

    Keluhan lebam yang terjadi pada bokong juga bisa terjadi karena beberapa hal misalnya akibat benturan pada bokong, akibat pembuluh darah yang pecah dan lain sebagainya. Pada usia tua pembuluh darah mulai rapuh sehingga sering menyebabkan keluhan lebam pada kulit. Namun untuk memastikan penyebab keluhan nenek anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Silakan baca artikel berikut:

    Sakit Di Bokong Sebelah Kanan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit pada Bokong Sebelah Kanan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.