• dok,, saya sering merasakan sakit yang luar biasa di bagian tulang ekor saya ketika saya duduk, tertidur, dan ingin melakukan aktivitas yang berhubungan dengan jongkok, dan kaki saya sering bengkak, pusing yang tak tertahankan, dan sangat jarang buang air seni, hingga  saya konsult ke rumah sakit dan saya dianognosa sakit syndrom nefrotik, tapi setelah saya dirawat sampai berminggu minggu tapi saya masih merasakan sakit yang luar hingga sampai sekarang ..

    kira kira itu penyakit apa ya dok? dan bisa dokter menjelaskannya?

    dan saya baru saya berumur 15 tahun dok..

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri pada tulang ekor bisa diakibatkan oleh beberapa hal mulai dari posisi duduk yang salah dan terlalu lama, adanya trauma atau pun terkena pukulan dan benturan langsung ke bagian tulang belakang, gesekan berulang-ulang pada bagian tulang belakang, misalnya saat bersepeda ataupun karena sebab lainnya. Ada baiknya anda memeriksakan kondisi anda ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda, apakah nyeri terjadi memang benar pada tulang ekor atau bagian tubuh lainnya. Ada beberapa upaya yang anda lakukan untuk mengurangi keluhan tersebut antara lain:

    1.       Sebaiknya menghindari posisi tubuh yang tidak sesuai dan tidak simetris saat ingin mengambil sesuatu (misalnya posisi tubuh seperti melintir)  antara anggota badan dan anggota gerak (posisi seolah melintir).

    2.       Jangan duduk dengan posisi yang sama terus menerus dalam satu waktu. Sebaiknya ubah posisi setidaknya dalam 30 menit sekali.

    3.       Olahraga seperti berjalan hingga berenang dapat menjadi salah satu upaya untuk membantu mengurangi keluhan nyeri pada bagian punggung bawah.

     

    Untuk sindrom nefrotik sendiri tampaknya tak ada hubungan secara langsung dengan keluhan nyeri di tulang ekor seperti yang anda rasakan. Namun untuk lebih memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

    atas penjelasan dan sarannya dokter saya ucapkan terimakasih dokter…

     

Beranda Tanya Dokter Sakit pada Tulang Ekor Bawah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.