• selamat siang dok,saya ibu dari satu anak, sekarang saya ingin punya anak lagi, setelah kelahiran anak pertama saya pakai KB  IUD, tapi hanya satu tahun saja saya pakai setelah itu saya lepas, dan sampai sekarang ini total sudah 2 tahun saya lepas IUD dan belum hamil juga. tadi malam saya ke dr.obgin , dan saya di nyatakan PCO.yg ingin saya tanyakan,apa masih ada kemungkinan saya bisa hamil?

    trus apakah pco ini berbahaya untuk saya di usia lanjut?

    dan apabila saya hamil nanti,apakah berbahaya untuk janin yg ada di kandungan saya?trimakasih?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    PCO atau policystic ovarium merupakan suatu penyakit pada organ reproduksi yang cukup sering angka kejadiannya. Kebanyakan kista ovarium hanya berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala sehingga sering ditemukan secara tak sengaja saat seorang wanita memeriksakan kesehatan organ reproduksinya ke dokter. Kista ovarium yang berukuran kecil juga sering kali bisa hilang dengan sendirinya. Namun kista ovarium yang besar bisa menimbulkan rasa tak nyaman di bagian perut. Sebagai informasi untuk anda berikut akan saya sampaikan beberapa gejala kista ovarium yang mungkin dialami oleh pasien, antara lain:

    1. Nyeri pada panggul (pelvis). Nyeri bisa menjalar ke bagian pinggang belakang hingga ke paha. Nyeri panggul bisa terjadi saat mendekati periode menstruasi Nyeri juga bisa dirasakan saat melakukan hubungan seksual (dispareunia)
    2. Mual, muntah , dan payudara terasa tegang seperti yang dialami ibu hamil
    3. Rasa penuh di bagian perut Penekanan pada bagian perut di atas kemaluan bisa membuat pasien ingin berkemih lebih sering atau sering membuat pasien merasa tidak lampias sehabis berkemih.
    4. Keluhan lain

    Kista ovarium memang sering menyebabkan seorang wanita menjadi sulit hamil namun banyak juga wanita dengan PCO tetap bisa mengandung dan dapat melahirkan bayinya dengan normal dan sehat.  Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda secara langsung untuk memastikan kondisi anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Trimakasih dok untuk jawaban nya.

    makanan apa saja yg sebaiknya saya hindari?

    dan apa saja yg harus saya konsumsi?

    trimakasih

Beranda Tanya Dokter Sakit PCO, Adakah Kemungkinan Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.