• dok saya sekarang terkena PCO, susu kambing apa bagus ya dok untuk saya konsumsi? terimakasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    PCO atau polycystic ovary sindrom merupakan penyakit gangguan sistem endokrin yang sering terjadi pada wanita di usia reproduktif. Pembesaran ovarium pada pasien sindrom PCO terdiri dari kumpulan – kumpulan kecil berisi cairan yang bisa terdeteksi dengan USG. Penyebab penyakit ini tidak diketahui dengan pasti. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi sindrom PCO, yaitu antara lain:

    1. Usahakan untuk menurunkan berat badan pada pasien dengan kegemukan (obesitas). Bahkan penurunan berat badan walaupun hanya sedikit cukup signifikan untuk memperbaiki kondisi pasien PCO.
    2. Tingkatkan aktivitas fisik atau olahraga teratur. Perbanyak aktivitas fisik bagi anda dengan aktivitas fisik sangat rendah.
    3. Konsumsi makanan rendah kalori, misal makan makanan rendah karbohidrat dan rendah lemak. Jangan batasi secara berlebihan asupan karbohidrat, namun pilih karbohidrat kompleks yang mengandung lebih tinggi serat daripada sumber karbohidrat sederhana. Contoh karbohidrat tinggi serat seperti gandum, beras merah ataupun beras coklat, kacang – kacangan, dan sebagainya. Untuk susu kambing sendiri bisa dikonsumsi, namun saya sendiri belum membaca adanya jurnal terbaru yang menyatakan bahwa susu kambing memiliki peran penting untuk mencegah ataupun mengobati sindrom poli kistik ovarium ini. Jadi tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi namun tidak ada efek khusus bagi penyembuhan.
    4. Konsultasi dengan dokter SpOG anda secara teratur untuk observasi keadaan kista anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit PCO, Bolehkah Minum Susu?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.