• Assalamualaikum selamat pagi dok…mf pagi2 mengganggu..Sudah beberapa hari bokong saya terasa sakit dan terasa ngilu pada bagian paha hingga kaki. Dan juga disertai sakit perut, kenapa ya dok?

    Umur sya 24 th sya bekerja kadang duduk kadang berdiri ..Mohon jawabanny dok…terima kasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit di bokong bisa disebabkan oleh beberapa hal bisa karena sebab ringan namun juga bisa disebabkan oleh masalah yang lebih serius. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab nyeri di bokong yaitu antara lain:

    1. Gangguan muskuloskeletal (gangguan pada otot dan tulang). Penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor aktivitas tertentu yang dominan menggunakan tungkai.
    2. Gangguan pada persarafan yang mempersarafi daerah bokong hingga tungkai, misalnya adalah ischialgia. Penyakit ini disebabkan oleh permasalahan pada nervus ischiadicus atau sciatic yang mempersarafi daerah bokong hingga tungkai. Jika saraf ini terganggu oleh satu dan lain hal maka keluhan nyeri pada bokong yang menjalar hingga ke tungkai akan terasa. Kadang jika nyeri berlangsung hebat dapat membuat pasien susah untuk berjalan karena kesakitan.
    3. Penyebab lainnya

    Keluhan nyeri perut pun bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa berkaitan dengan keluhan nyeri bokong ataupun bisa juga tidak. Perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang sehingga bisa ditegakkan diagnosis penyakit yang anda alami secara tepat serta dapat memperoleh terapi yang sesuai. Namun ada baiknya anda menghindari aktivitas dengan posisi tubuh yang kurang ergonomis. Untuk tatalaksana awal bisa diberi obat anti nyeri serta pemberian vitamin B kompleks

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit pada Bokong Terasa Ngilu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.