• Halo dokter.. Dok saya sakit perut bab secara tiba2, jika sudah sakit perut rasanya ingin langsung dikeluarkan. Tapi jika saya sedang bersama teman2 saya tahan sakit perutnya, tapi saya jadi keringat dingin. Aktivitas saya jadi terbatas dok. Saya sudah kedokter katanya maag dan sudah dikasih obat tapi tidak ada efek apapun. Kira2 saya sakit apa yah dok? Solusinya apa yah dok? Saya sudah malu terus bab saat bersama teman2 dan ditempat publik (18thn, 165cm, 55kg)

    Dok ada tambahan.. Saat bab jumlah babnya normal dan babnya pun normal. Tapi terkadang ada yang berwarna hitam. Terima kasih dok

     

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf informasi yang anda sampaikan sebenarnya masih kurang detail. Perlu diberikan informasi mengenai bagaimana rasa nyeri yang muncul misalnya seperti ditusuk – tusuk, rasa panas, mules atau seperti apa. Dimana letak rasa nyeri tersebut, apakah di ulu hati, seluruh bagian perut atau bagaima. Frekuensi buang air besar juga perlu dicari tahu untuk memastikan penyebab keluhan. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini antara lain karena:

    • Diare baik karena penyakit infeksi atau pun non infeksi bisa menjadi kemungkinan penyebab nyeri perut. Diare merupakan perubahan frekuensi BAB menjadi lebih dari 3 kali dalam sehari dengan konsistensi feses cair. Jika frekuensi dan konsistensi BAB tidak seperti yang saya sampaikan sebelumnya maka kemungkinan ini bisa disingkirkan.
    • Infeksi, misalnya karena infeksi di saluran dan organ cerna juga bisa menjadi penyebab keluhan yang anda alami. Penyebabnya juga bisa karena bakteri ataupun mikroorganisme lainnya.
    • Sakit Maag karena peningkatan  asam lambung bisa menjadi salah satu penyebab. Sakit maag memiliki beberapa keluhan yang sering terjadi mulai dari keluhan sering sendawa, perut kembung, nyeri di bagian ulu hati, mual hingga muntah, lemas, sakit kepala dan juga buang air besar yang berulang. Penyakit ini bisa muncul karena infeksi atau juga karena pola hidup pasien yang kurang baik antara lain karena kebiasaan makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, terlambat makan, merokok, konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, konsumsi alkohol hingga stress yang pasien alami.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda, ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Terapi yang diberikan berbeda tergantung penyebab keluhan anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut dan Sering BAB, Apa Penyebab dan Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.