• selamat malam doktor, saya mau tanya pacar saya sering mengalami sakit perut yang sering berpindah-pindah, kadang perut kanan bagian atas , kadang perut kiri bagian atas dan kadang si tengah perut, mohon penjelasannya dok sebenarnya dia mengalami masalah apa ? apakah itu penyakit normal ? oh iya… sebagai tambahan , dia mengalami sakit perut begini karena beberapa minggu yang lalu , dia sempat hamil dan janin di dalam harus mati karena minum bir, sejak saat itu perutnya sering sakit.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena:

    1. Akibat gangguan otot. Hal ini bisa terjadi umumnya karena aktivitas tertentu yang berlebihan, olahraga tanpa peregangan, posisi tidur yang salah dan lain sebagainya.
    2. Infeksi pada kandung empedu juga bisa menyebabkan keluhan nyeri perut. Umumnya disertai mual, muntah, kadang juga bisa demam. Keluhan ini tercetus setelah banyak makan makanan mengandung lemak
    3. Infeksi pada hati (hepatitis) juga bisa menyebabkan keluhan pada hati dengan keluhan lainnya bisa berupa demam, mual dll
    4. Gangguan pada lambung
    5. Gangguan pada usus baik karena infeksi atau karena sebab lainnya
    6. Penyakit organ reproduksi, baik karena tumor, infeksi atau sebab lainnya.
    7. Faktor psikosomatis juga bisa menjadi penyebab
    8. Dan lain – lain

     

    Keluhan nyeri perut juga bisa berkaitan dengan kejadian keguguran (abortus) yang terjadi sebelumnya. Harus dipastikan apakah janin dan jaringan hasil konsepsi lainnya sudah benar – benar bersih keluar dari dalam rahim. Jika tidak, maka kemungkinan penyebab keluhan nyeri perut anda adalah karena hal tersebut.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Bagian Atas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.