• saya agung dari madiun, sudah 2 hari ini ulu hati saya terasa sakit saat makan atau minum, memang tubuh saya agak sedikit gemuk(perut buncit) . kalau boleh tau itu penyakit apa ya?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri ulu hati sering dialami oleh beberapa individu. Umumnya pasien mengeluh ulu hati terasa panas atau mual, kadang disertai muntah, sendawa dan lain sebagainya. Penyebab nyeri ulu hati ada banyak hal mulai dari masalah ringan hingga penyakit tertentu yang lebih berat. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut yaitu antara lain akibat dispepsia. Dispepsia merupakan gangguan di lambung akibat peningkatan asam lambung ini sering menimbulkan keluhan nyeri pada bagian ulu hati. Keluhan ini muncul umumnya akibat kebiasaan makan yang kurang baik mulai dari terlambat makan, makan makanan tertentu yang merangsang peningkatan asam lambung, ataupun juga akibat konsumsi obat – obatan tertentu misal obat penghilang rasa nyeri.

    Faktor kegemukan juga bisa memperberat keluhan nyeri ulu hati, karena pada individu dengan obesitas sentral (lemak yang menumpuk pada bagian perut) perutnya membesar dan hal ini menyebabkan bagian ulu hati makin terdesak dan memperberat keluhan nyeri atau rasa tak nyaman di bagian tersebut.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Bagian Atas (ulu Hati)

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.