• Saya wanita usia 35 th..sudah beberapa bulan ini saya menderita sembelit parah karena bs sampai 3 hari tidak bisa BAB dan kalaupun BAB tidak bs sampai tuntas atau cuma sedikit dan sekarang saya merasa sakit diperut bagian bawah terutama di bagian bawah tengah&kiri  hingga ke pinggang apalagi ketika membungkuk/ruku hingga paha dan betis terasa lemas dan pegal dan saya juga merasa perut saya membesar dan sayapun sering merasa perih dan mual,gejala apakan itu dokter? Oh iya saya sedang menginginkan memiliki anak kedua karena anak pertama saya sudah berusia 9th dan sdh 7 thn saya tidak menggunakan alat kontrasepsi,apakah ada hubungannya?mohon dokter dapat menjawabnya,terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Susah buang air besar (BAB) atau sembelit dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai konstipasi. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena:

    • Tinja yang mengeras karena kebiasaan menahan BAB terlalu lama.
    • Tinja yang mengeras dan susah keluar karena kurangnya asupan cairan yang dikonsumsi.
    • Makanan yang kurang mengandung serat
    • Gerakan peristaltik dan kontraksi usus yang menurun akibat faktor usia tua.
    • Kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan
    • Kebiasaan minum obat pencahar yang berlebihan.
    • Dan lain sebagainya

    Keluhan nyeri pada perut bagian bawah tengah dan kiri bisa terjadi akibat faktor sembelit tersebut. Feses yang menumpuk di usus, membuat perut makin membesar dan tegang sehingga sering menimbulkan rasa nyeri. Namun nyeri perut juga bisa karena sebab lainnya misal infeksi saluran cerna, infeksi saluran kemih dan masih banyak lagi. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan diperiksakan secara langsung ke dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyebab keluhan anda.

    Untuk mencegah dan mengatasi sembelit ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat, perbanyak konsumsi air putih, hindari kebiasaan menahan BAB, perbanyak olahraga.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Bagian Bawah Disertai Sakit Pinggang dan Pegal pada Paha dan Betis

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.