• assalamualaikum dok, saya sering sakit perut bawah udah lama tapi dulu ga terlalu sering sakitnya, dan saya coba periksa ke paraji katanya sakit karna turun peranakan. benar ga dok? tapi kok berkelanjutan ya sakitnya emng kalau turun peranakan kaya gitu dok apa gmna ya? tolong penjelasannya yaa..

    bulan bulan terakhir ini sering kerasa sakit bgt dok pernah sampai jalan pun sakit, dan hari-hari terakhir ini hampir tiap hari kerasa sakit setiap pagi atau sore menjelang malam dok , bisa didiagnosa kah dok? penyakit apa yang saya derita..? mohon penjelasan lebih detail mengenai penyakit ini yaa dok trimakasih..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut  bisa disebabkan oleh banyak penyakit mulai dari masalah ringan hingga penyakit tertentu yang lebih berat. Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Rasa nyeri yang muncul juga bisa membantu untuk menentukan kemungkinan penyebab keluhan tersebut, begitu pun dengan lokasi rasa nyeri yang muncul. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri perut yaitu antara lain:

    Gangguan lambung seperti dispepsia yang terjadi akibat peningkatan asam lambung bisa menyebabkan keluhan nyeri perut, biasanya terjadi pada bagian kiri atas atau pada bagian ulu hati.
    Gangguan otot perut misal karena kram otot yang muncul karena aktivitas tertentu juga bisa menyebabkan keluhan nyeri dengan intensitas ringan hingga berat.
    Infeksi saluran cerna baik karena bakteri, virus atau pun parasit tertentu juga bisa menyebabkan keluhan nyeri.
    Gangguan organ reproduksi misalnya pelvic inflamatory disease atau peradangan panggul bisa menyebabkan keluhan nyeri yang cukup hebat pada perut dan juga pinggul. Begitu pun jika ada tumor atau kista di bagian organ reproduksi.
    Penyebab lainnya
    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Bawah Karena Turun Peranakan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.