• Begini dok, temen saya mengeluh perutnya sakit dan selalu diiringi dengan muntah darah. Saya sudah memberitahunya agar memeriksakannya, tapi dia selalu menolaknya. Lalu penyakit apa itu dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut bisa disebabkan oleh banyak hal. Karakteristik rasa nyeri yang muncul, lokasinya serta gejala penyertanya dapat membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut. Keluhan muntah darah juga merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi. Penyebabnya juga beraneka ragam.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab nyeri perut dan muntah darah yang sering terjadi yaitu antara lain:

    1. Akibat masalah lambung misal misalnya karena ulkus lambung ataupun gastritis erosif. Penyakit ini menimbulkan keluhan muntah darah yang berwarna hitam. Perubahan warna darah dari merah menjadi kehitaman disebabkan karena bercampurnya darah dengan asam lambung.
    2. Pecahnya pembuluh darah di kerongkongan, misalnya pecahnya varises esofagus bisa menyebabkan perdarahan yang keluar lewat muntahan. Varises esofagus terjadi pada individu yang mengalami sirosis hepatis.
    3. Adanya ulkus atau tukak pada usus juga bisa menyebabkan keluhan muntah darah.
    4. Keganasan atau kanker pada organ sistem pencernaan.
    5. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya teman anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung, baik berupa pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang teman anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan tersebut

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut dan Muntah Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.