• Dok saya sering merasa sakit perut bagian bawah tp hilang muncul..dan sering merasa panas punggung dan nyeri panggul. Kira2 kenapa ya dok?

    terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf informasi yang anda sampaikan masih kurang jelas. Sebaiknya anda menceritakan dimana lokasi spesifik rasa nyeri perut yang muncul misalnya di kanan bawah atau kiri bawah, seperti apa rasa nyeri yang dirasakan dan juga gambaran keluhan lainnya. Sebagain informasi untuk anda penyebab keluhan nyeri perut sangat banyak sekali sehingga cukup sulit mengidentifikasi penyebabnya jika hanya berdasarkan keluhan singkat seperti itu.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut bawah yaitu:

    1.       Infeksi pada appendiks  (usus buntu) atau disebut juga appendisitis bisa menyebabkan keluhan nyeri perut kanan bawah. Nyeri bisa menjalar, biasanya diawali dari bagian pusar kemudian menyebar dan akhirnya akan terlokalisir pada bagian kanan bawah. Bisa juga disertai keluhan lainnya seperti demam, mual, ataupun muntah.

    2.       Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri baik pada perut kanan dan kiri, atas hingga bawah serta juga dapat menjalar ke panggul tergantung dari lokasi batu saluran kemihnya.

    3.       Penyakit pada organ reproduksi mulai dari tumor, kista dan lain sebagainya juga bisa menjadi penyebab keluhan

    4.       Gangguan pada otot misalnya kram otot perut hingga otot panggul juga bisa menyebabkan keluhan nyeri

    5.       Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut dan Panas Punggung, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.