• Selamat malam dok,

    Saya Dian 29th, 3bulan terakhir ini saya sering nyeri perut kanan. Awalnya perut kanan bawah, namun akhir-akhir ini yang kanan atas juga sering sakit dan juga kembung setiap hari tanpa kenal waktu. Kadang seperti menusuk kebelakang. Warna urin agak gelap, tetapi jika minum saya banyak, urin menjadi bening. Kira-kira kenapa ya dok? Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri perut adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh beberapa indvidu. Penyebabnya bisa akibat masalah ringan namun juga dapat disebabkan penyakit tertentu yang lebih berat. Kemungkinan penyebab nyeri perut bagian kanan sebenarnya ada berapa hal, antara lain sebagai berikut :

    1. Infeksi saluran kemih. Saluran kemih manusia terletak di bagian kanan dan kiri tubuh. Untuk nyeri di bagian kanan, bisa berasal dari ginjal kanan, ureter kanan, ataupun menjalar hingga ke kandung kemih. Umumnya sering disertai demam.
    2. Batu saluran kemih. Karakteristik nyeri akibat batu biasanya berupa nyeri berpindah – pindah dan hilang timbul (kolik). Bisa disertai gangguan saluran kemih berupa perdarahan di urine ataupun sedikit kencing.
    3. Kolelitiasis (infeksi kandung empedu). Infeksi kandung empedu dapat menyebabkan keluhan nyeri di perut bagian kanan atas yang dapat menjalar hingga ke pundak. Keluhan nyeri ini umumnya dicetus oleh makan makanan yang berlemak.
    4. Infeksi di hepar (hati), kadang juga menyebabkan keluhan nyeri perut. Namun umumnya disertai dengan demam. Air kemih juga tampak berwarna gelap seperti teh.
    5. Dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan keluhan anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat diketahui penyebab pastinya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Kanan Atas dan Bawah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.