• dok, sy yuli 27 tahun setiap kali saya haid itu selalu keluar darah yang menggumpal.. dan saat sy haid jika hendak buang air kecil tapi karena sesuat hal saya menahan kencing saya jika seperti ini pasti perut kanan bawah saya sakit sekali seperti di tonjok dan sakit nya tembus dubur dan pinggang belakang sebelah kanan. saya sudah usg hasilnya hernia. yang saya herannya kenapa sakit seperti ini selalu datang saat saya haid. sebenarnya saya sakit apa ya doktet

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bekuan darah atau gumpalan darah yang keluar saat haid banyak dialami oleh wanita yang sedang menjalani periode menstruasi nya. Hal ini umumnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Gumpalan darah ini biasanya terjadi pada saat mens terbanyak dari periode menstruasi yang dijalani. Gumpalan darah yang keluar saat menstruasi berbagai macam warna dan konsistensinya. Umumnya berwarna merah terang atau merah gelap dan kadang membuat aliran darah menstruasi menjadi kental dan padat. Namun gambaran gumpalan ini bisa berubah dari segi warna dan konsistensinya pada periode haid selanjutnya dan ini termasuk normal. Namun jika gumpalan darah yang muncul juga sangat banyak sekali dan berlebihan disertai keluhan lainnya maka mungkin saja disebabkan karena penyakit lain misal endometriosis, keguguran, perubahan hormonal, menopause dan lain sebagainya.

    Nyeri pada perut kanan bawah hingga ke pinggang dan dubur bisa disebabkan karena banyak hal. Bisa berkaitan dengan kebiasaan menahan kencing, periode haid ataupun bisa tak berkaitan sama sekali. Namun kebiasaan menahan kencing memang bisa menimbulkan penyakit baru misal infeksi saluran kemih yang memiliki gejala yang sama seperti yang anda rasakan, batu saluran kemih dan lain sebagainya. Apalagi saat haid juga rentan terjadi infeksi pada saluran kemih dan reproduksi anda ketika higienitas organ intim tak dijaga. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung karena diagnosis penyakit anda hanya bisa ditegakkan dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    sy sudah melakukan usg tapi hasilnya malah saya didiagnosa hernia…. apakah hernia inguinalis menyebabkan sakit perut kanan bawah

    Ya..bisa juga..hernia memang memiliki gejala klinis berupa rasa nyeri di bagian perut kanan bawah jika yang terjadi adalah hernia inguinalis kanan..

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Kanan Bawah Saat Haid

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.