• Selamat siang, dok.

    Saya seorang ibu, umur 50 tahun. Sudah 3 hari ini, perut kanan sebelah bawah saya sakit, melilit sampai kebelakang dan ke anus.

    Apa penyebabnya ya dok?

    Terimakasih sebelumnya.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut kanan bawah seperti yang anda alami yaitu antara lain:

    1. Infeksi pada appendiks atau disebut juga sebagai appendisitis bisa menyebabkan keluhan nyeri perut kanan bawah. Rasa nyeri biasanya mulai dari bagian pusat kemudian akan terlokalisir pada bagian kanan bawah. Keluhan nyeri bisa terasa sangat berat sehingga membuat pasien kesakitan hebat, bisa disertai pula dengan keluhan demam, mual, ataupun muntah.
    2. Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri terasa pada bagian saluran kemih yang terkena. Jika mengenai saluran kemih bagian kanan maka keluhan nyeri akan terasa pada perut kanan. Keluhan nyeri umumnya terasa hilang timbul. Bisa disertai dengan gangguan berkemih dsb.
    3. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Kanan Bawah Melilit

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.