• Assalamualaikum..

    Dok, saya mau tanya.. Saya sakit perut di sebelah kanan, dan sakitnya itu sampai ke punggung.. Saya periksa ke banyak dokter bilangnya, saya kena asam lambung.. dikasih obat asam lambung nggak kunjung sembuh jg.. bersamaan sakit perut saya, ada memar di pinggang kanan saya, saya tanya ke dokter katanya darah beku tapi stlah 3 bln kmudian kluar nanah.. Apa itu bisul dok? Kalau sakit perut saya disebabkan bisul tsb, knapa stelah luka bisul tersebut sudah kering ttp saja perut saya sakit??

    Terima kasih dokter..

    Waalaikum salam ww wb. Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya anda kurang menceritakan bagaimana rasa nyeri  yang anda alami, apakah terasa panas ataukah seperti ditusuk – tusuk dan lainnya. Penyebab keluhan nyeri perut ada banyak tergantung juga dari letaknya apakah di perut kanan atas atau kanan bawah. Secara umum berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut kanan yaitu antara lain:

    1.       Akibat gangguan otot. Hal ini bisa terjadi umumnya karena aktivitas tertentu yang berlebihan, olahraga tanpa peregangan, posisi tidur yang salah dan lain sebagainya.

    2.       Infeksi pada hati atau hepatitis juga bisa menyebabkan keluhan nyeri di perut kanan atas. Biasanya keluhan nyeri disertai demam, warna kuning pada tubuh dan lain sebagainya.

    3.       Infeksi pada kandung empedu juga bisa menyebabkan keluhan nyeri perut. Umumnya disertai mual, muntah, kadang juga bisa demam. Keluhan ini tercetus setelah banyak makan makanan mengandung lemak

    4.       Batu saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada perut kanan jika terjadi pada ginjal kanan, ureter kanan. Keluhan nyeri biasanya hilang timbul dengan intensitas nyeri ringan hingga berat.

    5.       Penyebab lainnya

    Bisul juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada perut kanan jika memang terjadi pada regio tersebut. Namun bisaul merupakan infeksi pada kulit sehingga rasa nyeri sifatnya hanya superficial pada kulit saja, kecuali jika sudah terbentuk abses atau timbunan nanah yang cukup banyak mkaa bisa menyebabkan gejala sistemik seperti demam, meriang dan lain sebagainya yang dialami oleh pasien.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih Dr. Dina untuk jawabannya..

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Karena Bisul?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.