• Dok. saya mz jodi dari Ngawi jatim

    Dok saya mau tanya. hampir setiap hari perut saya terasa penuh dan nyeri bagian bawah kiri. sampai ke pinggang kiri dan susah sekali mau BAB. kira kira penyakit apa ya dok? dan bagaimana solusi pengobatanya?

    Trimakasih dok mohon penjelasanya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf informasi yang anda sampaikan masih kurang jelas. Rasa sakit seperti apa yang anda alami, apakah terasa tertusuk – tusuk, panas, melilit atau seperti apa. Apakah rasa nyeri terus menerus atau kah hilang timbul. Adakah keluhan lain yang dirasakan serta informasi – informasi lain yang dibutuhkan. Informasi yang detail akan sangat membantu mengidentifikasi penyebab keluhan anda. Karena sebenarnya keluhan nyeri perut sangat banyak sekali penyebabnya, bisa karena gangguan saluran cerna atau karena sebab – sebab lainnya.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri di perut kiri bawah seperti yang anda alami yaitu antara lain:

    1. Akibat konstipasi dimana BAB tidak lancar dan feses menumpuk di dalam usus akan membuat perut terasa begah dan menyebabkan rasa nyeri.
    2. Gangguan muskuloskeletal atau tulang, sendi dan otot juga bisa menyebabkan keluhan pada perut dan juga pinggang kiri.
    3. Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri terasa pada bagian saluran kemih yang terkena. Jika mengenai saluran kemih bagian kiri maka keluhan nyeri akan terasa pada perut kiri yang bisa menjalar ke pinggang.
    4. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Sampai Ke Pinggang Kiri dan Susah BAB

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.