• halo dr, saya christy mau bertanya, apakah penyakit perut sebelah kanan atas?

    Saya di diagnosis dr ahli dalam 4 tahun lalu tukak lambung dan usus 12 jari.

    Sekarang saya merasakan sakit perut sebelah kanan atas  di area bawah tulang rusuk dan sekitarnya bahkan bisa sampai ke bagian belakang tubuh. saya sering merasakan mual, demam (tidak sering), sakit kepala, batuk berdahak (pernah keluar darah),  sering lelah, sesak napas dan perut sering kembung/ begah.

    Saya sudah periksa ke dr ahli dalam (bukan dr yg 4 tahun lalu/beda dr), di periksa USG perut dan Rontgen dada, hasilnya normal, jadi diagnosis dr saya sakit maag fungsional.

    Sudah minum obat selama 2 bln, dan konsultasi ke psikiater, tapi sampai sekarang sakitnya tidak sembuh bahkan semakin bertambah.

    Menurut dr, sakit apakah yang saya alami?

    Terimakasih atas jawaban dr.

     

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ulkus peptikum baik ulkus gaster (tukak lambung) maupun ulkus duodenum (tukak usus) memang bisa menyebabkan keluhan mual, muntah, rasa nyeri di ulu hati, hingga sendawa. Namun memang harus dipastikan lagi dengan pemeriksaan endoskopi untuk melihat apakah benar ada lesi berupa ulkus pada gaster ataupun duodenum pasien. Karena sebenarnya keluhan nyeri pada perut bisa disebabkan karena banyak hal.

    Keluhan nyeri di perut kanan atas yang menjalar hingga ke punggung juga bisa disebabkan karena kolesistitis atau peradangan pada kandung empedu. Biasanya selain nyeri, keluhan lain yang dirasakan berupa mual, muntah, terutama setelah memakan makanan yang mengandung banyak lemak. Selain itu bisa juga disebabkan karena batu kandung empedu. Namun kesemuanya ini biasanya tampak dengan pemeriksaan USG.

    Penyebab lain yang mungkin juga bisa karena faktor psikosomatis. Pasien merasakan keluhan – keluhan tersebut namun sebenarnya setelah diperiksa dengan pemeriksaan fisik dan penunjang tidak terbukti adanya lesi seperti yang dikeluhkan. Untuk pasien – pasien seperti ini memang perlu perbaikan pola pikir dan mental. Pasien harus selalu berpikir positif, rilekskan pikiran dan kadang memang perlu diberikan obat – obatan tertentu.

    Selain itu bisa juga karena sebab lainnya. Silakan anda berkonsultasi kembali dengan dokter secara langsung untuk dipastikan kembali tentang keluhan anda. Anda bisa mencoba dokter yang berbeda untuk mendapatkan second opinion. Jika memang tidak terbukti ada penyebab klinis dari keluhan anda maka kemungkinan besar yang anda keluhkan hanya akibat faktor psikosomatis saja.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.