• assalamua’alaikum….. maaf dokter, saya mau tanya, saya mengalami demam. sehari sembuh, besoknya panas lagi badan saya. pilek saya sudah 1 minggu tapi belum sembuh. pileknya disertai dengan darah dan bewarna merah kecoklatan pada lubang hidung sebelah kiri saja. serta sakit telingga seperti tidak bisa mendengar tapi masih bisa mendengar. ditambah sakit pada bagian diatas alis sebelah kiri dan sakit kepala saat ingus saya dilkeluarkan. kira-kira saya menderita penyakit apa ? dan saya harus ke dokter apa? terimakasih..

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan demam yang anda alami disertai keluhan tambahan lainnya seperti pilek dengan ingus yang  berdarah (bewarna merah kecoklatan) biasanya terjadi karena infeksi bakteri . Keadaan ini kemungkinan besar akibat infeksi saluran napas bagian atas. Adanya infeksi saluran napas ini sering menjalar ke telinga dan menyebabkan adanya infeksi pada telinga baik telinga luar ataupun infeksi di telinga tengah.

    Infeksi pada telinga luar (otitis eksterna ) dan infeksi pada telinga tengah (otitis media) merupakan infeksi telinga yang paling sering terjadi. Keluhan yang dirasakan mulai dari nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan pendengaran dan lain sebagainya.  Namun untuk memastikan keluhan yang anda rasakan pada telinga adalah akibat infeksi telinga atau bukan maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter terutama dokter spesialis THT.

    Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan. Jika karena bakteri maka perlu antibiotik untuk membunuh semua bakteri yang berkembang. Jika karena jamur maka perlu diberikan anti jamur. Namun obat – obatan lainnya unutk mengatasi keluhan juga bisa diberikan, seperti obat penghilang nyeri dan peradangan dsb. Perlu pengobatan yang tepat dan adekuat agar kuman penyebab bisa hilang. Oleh karena itu silakan konsultasi dengan dokter secara langsung agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

    Silakan baca artikel berikut:

    Sakit Telinga Sampai Rahang dan Kepala

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Pilek dan Telingga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.