• Dok, selama dua minggu ini pinggang saya nyeri, terutama saat gerakan tertentu seperti duduk membungkuk, ruku’ saat sholat atau tiba-tiba bangkit dari duduk terkadang saat berjalan, buang air kecil saya normal, cenderung banyak ketika mengeluarkan air seni, hanya agak keruh karena sedang berpuasa. Tidak ada demam, mual, muntah dan tidak kesulitan BAB, saya punya riwayat sulit menstruasi, terakhir menstruasi lancar bulan februari 2013, hingga sekarang hanya flek atau sama sekali tidak keluar, kira-kira sakit pinggang saya karena rahim atau ginjal ya dok? Untuk diketahui dok, saya berbadan gemuk.

    Selamat sore

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab nyeri pinggang ada beberapa hal mulai dari gangguan pada tubuh bagian luar ataupun organ dalam. Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab  keluhan nyeri pinggang yang anda alami antara lain sebagai berikut:

    1. Gangguan pada muskuloskeletal. Gangguan ini bisa terjadi pada otot, tulang ataupun sendi. Penyebab dan faktor pencetusnya beraneka ragam, misalnya karena faktor usia, faktor pekerjaan dan lain sebagainya. Akibat faktor pekerjaan misalnya pada seseorang yang sering melakukan aktivitas angkat beban berat ataupun pekerja yang selalu duduk dalam jangka waktu lama setiap harinya sering mengeluh mengalami sakit pinggang. Jika karena gangguan muskuloskeletal biasanya nyeri berhubungan dengan posisi tubuh tertentu misal saat membungkuk dan lain sebagainya.
    2. Gangguan pada organ dalam misal infeksi saluran kemih (ISK) ataupun batu di saluran urinaria dan lain sebagainnya. Umumnya ada keluhan penyerta yang mengiringinya dan umumnya terkait dengan penyebab dan lokasi organ yang terkena. Keluhan nyeri pinggang umumnya tak terkait posisi tubuh.
    3. Trauma atau benturan pada bagian pinggang
    4. Penyebab lainnya

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Sakit Pinggang Karena Masalah Rahim atau Ginjal?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.