• Selamat siang,

     

    Nama saya Mia, saya berumur 22 tahun. Saya mau bertanya, Dok.

    Dok, saya jadi sering sekali sakit pinggang sebelah kiri, mungkin sekitar satu bulan lalu. Pekerjaan saya di kantor memang lebih sering duduk di depan komputer, tapi saya dapat memastikan bahwa saya tidak kurang minum air putih, saya juga sesekali melakukan peregangan, tapi tetap saja sakit itu selalu datang.

    Tidak tahannya itu ketika tiba-tiba seperti ada “nyut-nyutan” dari dalam, tidak selalu, tapi sering. Ketika membungkuk, sujud, bahkan batuk, nyerinya semakin menjadi.

    Apa penyebabnya ya Dok? Saya takut sakit pinggang ini gejala penyakit yang serius.

    Terima kasih, Dok.

    Selamat Malam

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal. Keluhan nyeri pinggang juga tak selalu berkaitan dengan kurang minum. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri pinggang  yaitu antara lain karena:

    1. Batu saluran kemih bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri mulai dari ringan hingga berat tergantung ukuran batu, lokasi batu dan lain sebagainya.
    2. Infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pinggang. Biasanya disertai demam, keluhan gangguan buang air kecil dan masih banyak lagi.
    3. Infeksi pada saluran cerna juga bisa menyebabkan keluhan nyeri.
    4. Gangguan muskuloskeletal, baik pada otot, tulang ataupun sendi.Faktor pekerjaan menjadi salah satu pencetus tersering. Misalnya seseorang yang sering melakukan aktivitas angkat beban berat ataupun pekerja yang selalu duduk dalam jangka waktu lama setiap harinya sering mengeluh mengalami sakit pinggang. Biasanya keluhan nyeri pinggang berhubungan dengan posisi tubuh tertentu.
    5. Penyebab lainnya

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung guna mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Pinggang Bagian Kiri, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.