• Slmt sore,mau nanya dok,udah seminggu lebih pinggang sy terasa sakit,bahkan tiap bangun tidur pagi atau siang,pasti kesakitan,sakitnya sampe di bokong dn kaki,jd susah klo mo gerak,sakiit bgt. Itu kenapa ya dok ? Seminggu kemarin sy lg datang bulan,jd wajar klo keram2 gitu,tp ini udh smpe slesai period msh sakit,malah sakitnya kbangetan g bisa jln,trus kmarin itu tidurnya suka di lantai cma pake karpet aja,apa ada hbungannya ya…

    Terima kasih sebelumnya…

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab nyeri pada pingggang banyak sekali, misalnya : disfungsi pada sendi dan otot daerah pinggang, gangguan pada organ-organ di daerah pinggang dan panggul ( misalnya infeksi dan penyakit yang menyerang ginjal dan lain sebagainya), gangguan koordinasi pada otot yang berperan pada organ pencernaan maupun saluran kencing, penekanan pada syaraf-syaraf sekitar organ pinggang dan panggul ataupun karena kelemahan otot.

    Lebih lanjut, silahkan baca: Penyebab Sakit Pinggang

    Jika saya membaca keluhan anda dimana nyeri pada pinggang tidak disertai keluhan lainnya maka kemungkinan gangguan terjadi pada otot pinggang. Gangguan pada otot pinggang sangat mungkin terjadi karena faktor aktivitas sehari – hari yang kurang ergonomis, misal posisi tidur yang salah (terlalu sering miring ke salah satu sisi, penggunaan alas tempat tidur yang terlalu keras, dsb) ataupun faktor resiko di tempat kerja (misal terlalu banyak duduk mengendarai motot ataupun mobil, seorang programmer komputer yang sebagian besar aktivitasnya duduk di depan komputer dan lain sebagainya). Keluhan nyeri pada pinggang akibat faktor aktivitas sehari – hari yang kurang ergonomis dan berlangsung lama bisa menyebabkan rasa nyeri kronik dan menjalar, tidak hanya dari pinggang namun menjalar ke bokong dan juga kaki.

    Jika penyebabnya adalah karena faktor aktivitas sehari – hari yang kurang ergonomis maka cara terbaik untuk menguranginya adalah dengan menghindari ataupun mengurangi aktivitas tersebut. Hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau mencegah sakit berulang antara lain: Dengan melakukan olahraga streching atau peregangan untuk otot sekitar pinggang, memperbaiki cara duduk saat bekerja, sisipkan waktu istirahat untuk meregangkan otot di sela-sela kerja, memperbaiki cara berjalan, posisi tidur jangan terlalu sering menghadap ke salah satu sisi, gunakan alas tempat tidur yang nyaman dan tidak keras, serta kurangi aktivitas yang mengangkat beban berat atau melakukan posisi yang kurang ergonomis.

    Namun sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter jika keluhan berlanjut agar mendapat evaluasi dan pemeriksaan secara langsung agar dapat ditentukan diagnosis dan terapi yang paling tepat sesuai dengan penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kanan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.