• Selamat sore Dok…

    Nama saya Dani, saya wiraswasta yang keseharian saya berkendara roda dua. Selama hampir 7 tahun saya gunakan roda dua untuk bekerja dengan jarak tempuh yang lumayan jauh (jabodetabek). Semenjak dua tahun yang lalu saya merasa stamina saya menurun dan itu dimulai dengan berasa sakit pinggang. Awalnya saya mengira karena kecapean. Oleh karena itu jalani terapi kerik/kerok dan urut. Setelah dikerok sakit akan hilang sesaat, namun akan kembali kumat sakit pinggangnya. Selain itu, saya juga merasa bahwa di usia yang ke 36 ini, saya sudah tidak tahan dengan kipas angin dan AC dengan suhu yang wajar dinginya. Ini berbeda saat usia saya belum beranjak 34-35 tahun.

    Selama masa kerja 7 tahun itu saya sering menahan kencing saat berkendara, saya ingat betul kejadian itu, dan kini yang saya rasakan adalah sakit pinggang yang berkepanjangan (kurang lebih sudah jalan 2 tahun). Namun saya selalu perbanyak minum air putih, dan selesai minum langsung berasa pipis. Saat pipis memang tidak tuntas, dan saya harus berdiri beberapa menit di depan urinoir utk menuntaskan pipis. Jika menahan kencing lama di pusat keramaian, maka perut bagian bawah akan berasa sedikit sakit.

    Adapun apabila saya minumnya banyak, maka warna urine bening, dan selama ini saya berusaha menepis kegelisahan dengan perbanyak minum agar urine selalu bening.

    Yang saya tanyakan,

    1. bagaimana agar sakit pinggang ini segera sembuh,

    2. makanan apa yang harus dikonsumsi untuk dapat menunjang kesembuhan apabila terjadi ISK karena dulu sering menahan pipis.

     

    Demikian penjelasan dan peertanyaan saya.

    Terima kasih bagi DOKTER dan siapa saja yang bersedia memberi pencerahan.

    Saya juga berharap sharing dari dokter atau siapapun ke email berikut: sumberar@gmail.com

    Dani M

    Selamat Malam

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab nyeri pinggang yang anda alami kemungkinan memang bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan atau faktor resiko yang anda alami misal karena kebiasaan sedikit mengkonsumsi air putih, menyetir atau mengendarai kendaraan terlalu lama, kurang olahraga, kebiasaan menahan kencing terlalu lama dan lain sebagainya. Masih banyak kemungkinan penyebab keluhan sakit pinggang yang anda alami, misal karena batu saluran kemih, infeksi saluran kemih ataupun saluran cerna, kram otot, muscle sprain atau pun muscle strain, dislokasi sendi, dan gangguan muskuloskeletal lainnya.

    Perut bagian bawah yang terasa sakit akibat kebiasaan menahan kencing terlalu lama memang wajar terjadi. Jika kebiasaan ini terus berlanjut maka sering sekali terjadi infeksi pada saluran kemih. Keluhan yang muncul selain nyeri di perut bagian bawah, anyang – anyangan, demam dan masih banyak lagi keluhan lainnya.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung guna mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Selain pengobatan yang tepat, menghindari faktor resiko juga sangat penting untuk dilakukan oleh anda.

    Tidak ada makanan khusus untuk menghindari terjadinya ISK ataupun yang secara spesifik menyembuhkan keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih atas tanggapan dan sarannya dok, dalam waktu dekat saya akan luangkan waktu untuk memeriksa kondisi saya ke rumah sakit terdekat.

    Ini mungkin sakit yang sangat umum dialami oleh banyak orang. Maka, jika ada referensi rumah sakit -dokter- yang ahli dalam menangani masalah ini, saya akan senang diberi referensi. Selama ini kami sekeluarga berobat di rumah sakit islam cempaka putih jakpus.

    <span style=”font-size: 16px; line-height: 1.5;”> </span>

    <span style=”font-size: 16px; line-height: 1.5;”>Terima kasih dokter.</span>

     

    SALAM

Beranda Tanya Dokter Sakit Pinggang Berkepanjangan, Apa Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.