• Pagi dok, Saya mengalami sakit pinggang dan di sertai sakit d perut..

    Lalu saya juga mengalami susah BAB.. kira2 itu kenapa ya dok?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit pinggang dan sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari masalah ringan hingga penyakit yang lebih berat. Untuk keluhan sakit pinggang bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain sebagai berikut:

    1. Gangguan di otot pinggang karena aktivitas tertentu misal angkat beban berat, olahraga berlebihan, posisi duduk terus menerus selama beberapa jam tiap harinya, atau akibat posisi tidur yang kurang baik.
    2. Akibat dehidrasi atau kurang cairan juga bisa menyebabkan rasa nyeri di pinggang karena saluran kemih menjadi berat kerjanya.
    3. Adanya infeksi di saluran kemih atau saluran cerna.
    4. Dan lain sebagainya.

    Untuk keluhan sakit perut juga memiliki beberapa kemungkinan penyebab. Keluhan nyeri perut yang anda rasakan bisa saja ada kaitannya dengan gangguan buang air besar yang anda rasakan. Akibat buang air besar yang tidak lancar selama beberapa hari menyebabkan feses atau tinja menumpuk di saluran cerna. Hal ini membuat perut terasa penuh dan terasa tak nyaman bahkan menimbulkan rasa nyeri di perut. Susah BAB bisa disebabkan karena asupan makanan yang kurang, atau bisa juga terlalu banyak konsumsi makanan yang kurang serat dan berlemak, asupan cairan yang kurang, aktivitas fisik yang kurang, akibat konsumsi obat – obatan tertentu, kebiasaan menahan BAB dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Pinggang, Sakit Perut dan Susah BAB

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.