• Terima kasih atas penjelasan sebelumnya dokter. Kemarin saya sudah melakukan pemeriksaan dan hasilnya baik-baik saja. saya hanya diberi beberapa obat untuk menghilangkan rasa sakit. Akan tetapi pinggang saya masih terasa sangat sakit dok. Apa yang harus saya lakukan dokter?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf keterangan yang anda sampaikan kurang jelas. Sebaiknya dicantumkan hasil pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang telah dilakukan kepada anda serta diagnosis dari dokter yang memeriksa anda. Jika penyebab keluhan anda karena gangguan muskuloskeletal yang berhubungan dengan pekerjaan maka selain pemberian obat penghilang nyeri juga perlu pengaturan aktivitas ataupun posisi kerja. Sebaiknya hindari kebiasaan – kebiasaan atau aktivitas yang memperberat atau mencetuskan keluhan. Misalkan hindari aktivitas duduk terlalu lama tanpa adanya peregangan atau istirahat di sela- sela aktivitas tersebut, hindari aktivitas mengangkat beban berat, hindari posisi tubuh yang terlalu sering miring ke salah satu bagian saat tidur dan lain sebagainya. Menjaga posisi dan aktivitas tubuh dalam melakukan kegiatan sehari – hari sangat membantu menghindari dan mengurangi keluhan nyeri.

    Pemberian obat penghilang nyeri sebaiknya bisa diteruskan sampai habis jika keluhan nyeri belum berkurang. Jika memang hingga obat habis namun keluhan tidak membaik maka sebaiknya anda memeriksakan diri kembali ke dokter untuk memastikan perbaikan kondisi anda. Jika memang dari hasil pemeriksaan fisik ternyata belum ada perubahan yang berarti maka obat bisa diganti atau diberi kombinasi obat atau bisa diberikan penambahan dosis obat. Fisioterapi juga dapat membantu untuk mengurangi nyeri, misal dengan terapi hangat dan dingin. Silakan konsultasi dengan dokter anda secara langsung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Menghilangkan Rasa Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.