• Dok, mohon pencerahannya, telinga saya kemasukan air, 2 minggu kemudian terjadi infeksi keluar cairan dan darah. Saya telah berobat ke tht dan di kasih obat interflox500, aldisa SR, dan tarivid, tapi setelah obat habis telinga saya masih keluar cairan. Apa yang harus saya lakukan, kembali ke dokter itu lagi atau pindah dokter, atau harus bagai mana? Mohon di jawab ya dok! Trima kasih sebelumnya.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Infeksi pada telinga atau disebut juga sebagai otitis bisa mengenai telinga bagian luar, tengah, ataupun telinga dalam. Namun dengan adanya riwayat telinga kemasukan air maka yang paling sering menyebabkan gangguan adalah pada telinga luar ataupun telinga tengah. Infeksi pada telinga bisa terjadi karena bakteri, jamur, ataupun mikroorganisme lainnya. Kombinasi infeksi antara beberapa kuman penyebab (misal bakteri dan jamur) juga termasuk sering terjadi.

    Mengatasi infeksi telinga memang gampang- gampang susah karena seringnya daya virulensi kuman (kemampuan kuman untuk berkembang biak dan menginfeksi organ tubuh) yang sangat tinggi. Ditambah lagi daerah telinga yang relatif tersembunyi dan lembab juga membuat kuman mudah untuk berkembang biak dan obat sedikit susah untuk kontak dengan baik dengan seluruh permukaan telinga jika tidak digunakan secara tepat. Daya tahan tubuh pasien yang rendah juga membuat kuman tumbuh dengan hebatnya.

    Jika setelah obat habis namun keluhan belum berkurang, termasuk masih adanya keluhan keluarnya cairan dari telinga, maka perlu pengobatan lanjutan. Karena seperti yang saya jelaskan sebelumnya kadang daya virulensi kuman yang sangat tinggi sehingga membuat lama pengobatan semakin panjang. Antibiotik yang telah diberikan sebelumnya bisa diteruskan dengan jangka yang lebih lama atau mungkin diganti antibiotik lain yang lebih kuat. Hal ini akan ditentukan setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Anda boleh kembali ke dokter yang merawat anda sebelumnya. Karena permasalah keluhan yang belum hilang sangat mungkin bukan karena masalah si dokter pemeriksa, namun lebih karena daya virulensi kuman yang sangat tinggi disertai daya tahan tubuh pasien yang rendah sehingga membuat kuman tumbuh hebat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Telinga Sebelah Kiri Keluar Cairan dan Darah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.